Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Wabah Virus Corona, Industri Teknologi Ini Bakal Terpukul

Rabu 19 Feb 2020 11:14 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Wabah Virus Corona: Gara-gara Corona, Deretan Industri Teknologi Ini Bakal Terpukul. (FOTO: Reuters/China Daily)

Wabah Virus Corona: Gara-gara Corona, Deretan Industri Teknologi Ini Bakal Terpukul. (FOTO: Reuters/China Daily)

Wabah virus corona berdampak pada banyak hal termasuk industri teknologi

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Penyedia analisis rantai pasokan TrendForce telah mengeluarkan laporan yang menilai kemungkinan dampak wabah 2019-nCoV pada manufaktur teknologi. 

Virus corona telah menyebabkan gangguan besar di seluruh industri teknologi, di mana pameran dagang yang besar telah dibatalkan dan pendapatan perusahaan-perusahaan seperti Apple meleset dari perkiraan.

Dilansir dari The Verge (18/2/2020), TrendForce mengatakan produksi smartphone diproyeksikan menurun 12 persen tahun-ke-tahun pada kuartal ini, yang akan membuatnya menjadi kuartal terendah dalam lima tahun. Rantai pasokan sangat bergantung pada tenaga kerja, sehingga sangat terpukul oleh penundaan dimulainya kembali pekerjaan.

Baca Juga: Akali Dampak Corona, Fans Samsung Bisa Uji Coba Produk di Rumah Sendiri

Beberapa pemasok serat optik berbasis di Wuhan, tempat wabah corona berasal, bersama-sama menyumbang 25% dari produksi global. Peluncuran 5G China dapat terpengaruh karena kebutuhan yang lebih besar untuk kabel serat optik di stasiun pangkalan generasi mendatang.

Pembuatan konsol video game jadi yang paling terpukul, tetapi produksi generasi berikutnya tidak akan terpengaruh selama wabah dapat dikurangi pada akhir kuartal ini karena PS5 dan Xbox Series X akan diluncurkan pada musim liburan. Permintaan saat ini untuk PS4 dan Xbox One telah turun karena antisipasi mesin yang akan datang.

Baca Juga: Produksi Anti-Setop, Supplier Apple Iming-imingi Hadiah ke Pekerja Pabrik China

Secara keseluruhan, TrendForce memprediksi jam tangan pintar, PC laptop, dan speaker pintar akan mengalami penurunan terbesar dalam perkiraan sebelumnya. Smartwatches diproyeksi akan turun 16 persen dari ekspektasi sebelumnya, kemudian PC laptop dan speaker pintar dengan penurunan 12 persen.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA