Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

PMI Banjarnegara Ajak Warga Waspadai Longsor

Rabu 19 Feb 2020 01:36 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

[Ilustrasi] Warga menyaksikan rumah yang tertimbun material tanah longsor di Desa Bojongsari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (8/11/2018).

[Ilustrasi] Warga menyaksikan rumah yang tertimbun material tanah longsor di Desa Bojongsari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (8/11/2018).

Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Warga Banjarnegara diajak mewaspadai tanah longsor menyusul curah hujan tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara kembali mengajak warga di wilayah setempat untuk mewaspadai bencana tanah longsor menyusul makin tingginya curah hujan di wilayah setempat.

"Kami mengajak masyarakat waspada longsor, hujan akhir-akhir ini hampir setiap hari mengguyur Banjarnegara dengan intensitas tinggi, hal itu dikhawatirkan meningkatkan potensi longsor," kata Humas PMI Banjarnegara M. Alwan Rifai di Banjarnegara, Selasa (19/2).

Guna mewaspadai bencana longsor, kata dia, PMI Banjarnegara terus mengintensifkan posko siaga bencana termasuk menyiagakan peralatan kebencanan, relawan dan mobil ambulans guna mengantisipasi bencana longsor.

Dia menambahkan, posko bencana PMI Banjarnegara akan siaga selama 24 jam setiap harinya hingga berakhirnya puncak musim hujan.

"Posko kami aktifkan 24 jam termasuk kendaraan operasional dan peralatan siaga bencana serta relawan yang berkompetensi di bidangnya masing masing," katanya.

Sementara itu, dia juga menyebutkan posko siaga bencana PMI Banjarnegara saat ini ikut berperan aktif menangani bencana longsor di Dusun Jamban, Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum.

"Kami masih ikut berperan aktif dalam melakukan penanganan longsor yang terjadi pada Senin (17/2) sore yang mengakibatkan tebing setinggi kurang 20 meter mengalami longsor dan menimbun jalan penghubung antardesa," katanya.

Longsor tersebut, kata dia, terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah tersebut.

"Karena itu kami mengajak warga untuk waspada selalu, terutama pada malam hari karena hujan biasanya mengguyur saat sore hingga malam hari," katanya.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA