Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Si MoBa Kembalikan Senyum Ceria Siswa SDN Jatirasa V

Selasa 18 Feb 2020 21:20 WIB

Red: Agung Sasongko

Si Mobil Baca (Si MoBa) menyambangi SDN Jatirasa V, Bekasi, Selasa (18/2).

Si Mobil Baca (Si MoBa) menyambangi SDN Jatirasa V, Bekasi, Selasa (18/2).

Foto: Dok DOmpet Dhuafa Pendidikan
Si MoBa membawa banyak buku menarik, permainan edukatif, dan ragam kegiatan

REPUBLIKA.CO.ID,  BEKASI --  Si Mobil Baca (Si MoBa) menyambangi SDN Jatirasa V, Bekasi, Selasa (18/2). Di Sana, Si MoBa mengembalikan semangat para siswa.

Si MoBa membawa banyak buku menarik, permainan edukatif,  dan ragam kegiatan berliterasi dibantu empat relawan Dompet Dhuafa Volunteer, tiga relawan Gen Smart, dan Teman Si MoBa.

“Kehadiran Si MoBa bertujuan mengembalikan senyum dan keceriaan anak-anak yang sekolahnya terdampak banjir,” ujar Muhammad Iqbal, Koordinator Si MoBa.

Si MoBa merupakan perpustakaan keliling yang dihadirkan guna mengakomodasi dan memudahkan masyarakat mengakses perpustakaan dan manfaat program Gemari Baca yang digaungkan Jaringan Sekolah Indonesia (JSI) Dompet Dhuafa Pendidikan. 

Salah satu siswa  SDN Jatirasa V, Syifa Tazkia Mukti, mengatakan jika kehadiran Si MoBa membuatnya lebih semangat untuk belajar. "Senang sekali ada Si MoBa karena aku bisa belajar sambil bermain di mobil yang ukurannya besar. Ada buku novel favorit aku juga,” ujarnya riang.

Dengan kedatangan Si MoBa Iqbal optimis para guru dan siswa SDN Jatirasa V memiliki alternatif dalam KBM selama sekolahnya terdampak banjir. Ia meyakini jika buku dan kegiatan edukatif Si MoBa mampu menambah ilmu dan sebagai bentuk trauma healing.

“Si MoBa bukan sekadar perpustakaan keliling semata, melainkan pengimplementasian sisi lain literasi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari melalui program pemberdayaan dan penerapan nilai-nilai kebaikan di masyarakat,” tegas Iqbal. (AR)

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA