Saturday, 18 Sya'ban 1441 / 11 April 2020

Saturday, 18 Sya'ban 1441 / 11 April 2020

Harta Karun Cincin Bermotif Ular Ditemukan di Inggris

Rabu 19 Feb 2020 03:37 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Benda diduga cincin bermotif ular ditemukan di Buckinghamshire.

Benda diduga cincin bermotif ular ditemukan di Buckinghamshire.

Foto: Colchester and Ipswich Museum Service via bbc
Perhiasan yang bermotif ular dianggap sebagai jimat.

REPUBLIKA.CO.ID, BUCKINGHAMSHIRE-- Seorang ahli detektor bernama Sophie Flynn dari Essex menemukan cincin perak yang menampilkan dua kepala ular. Cincin tersebut ditemukan di Buckinghamshire.

Seperti yang dilansir dari BBC, barang-barang dengan kepala kobra khas yang sama adalah bagian dari Snettisham Jeweller's Hoard. Snettisham Jeweller's Hoard adalah serangkaian logam mulia zaman Besi yang ditemukan pada 1985 di Norfolk.

Baca Juga

Flynn mengungkapkan cincin tersebut adalah  penemuan yang sangat menarik. Cincin diduga berasal dari stok satu toko perhiasan, dikubur di pot pada sekitar 155 masehi.

"Cincin yang baru ditemukan, digali di Upper Wichendon dekat Aylesbury telah dibengkokkan sehingga para ahli tidak dapat yakin 100 persen terkait desain aslinya," ujar Flynn.

Dia menambahkan Snettisham Hoard yang memiliki potongan-potongan kepala ular di dalamnya mungkin saja berasal dari toko tersebut. Namun para ahli tidak dapat memastikan benda yang ditemukan di lapangan, karena tidak ada konteks arkelologisnya.

Flynn mengatakan cincin tersebut bukan cincin yang biasa dipakai sehari-hari. Dalam buku The Jewellery of Roman Britain milik Catherine Johns mengatakan perhiasan yang bermotif ular dianggap sebagai jimat. Di dunia klasik, ular adalah simbol positif, terkait dengan penyembuhan, kelahiran kembali dan leluhur.

"Ini sangat tidak biasanya karena kedua kepala ular (itu) dan cukup menarik karena kami tidak memiliki banyak contoh cincin semacam ini di basis data skema portabel purbakala (Museum British)" katanya.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA