Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Pemkot Sawahlunto Lakukan Operasi Pasar Bawang Putih

Rabu 19 Feb 2020 03:07 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani

Bawang putih

Bawang putih

Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pemkot Sawahlunto akan gelar operasi pasar bawang putih sebanyak 1 ton

REPUBLIKA.CO.ID, SAWAHLUNTO- Pemerintah Kota Sawahlunto akan melakukan kegiatan operasi pasar untuk menekan harga bawang putih. Rencananya Pemkot Sawahlunto melakukan operasi pasar pada Rabu (19/2).

Kabid Ketahanan Pangan Kota Sawahlunto, Andy Rastika mengatakan operasi pasar akan dilakukan di Lapangan Parkir Balaikota Sawahlunto. Pihaknya akan mengucurkan pasokan 1 ton bawang putih yang didatangkan oleh Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

"Operasi pasar ini ditujukan untuk menstabilkan harga bawang putih di pasaran yang akhir-akhir ini melonjak," kata Andy, Senin (18/2).

Andy mengatakan harga bawang putih di Kota Arang beberapa pekan terakhir mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Kenaikan harga bawang putih ini bverimbas pada inflasi di Sawahlunto dan juga di daerah lain di Sumatera Barat.

Untuk Januari ini saja kata Andy inflasi di Sumbar telah mencapai 0,6 persen. Bersama Pemprov Sumbar, Pemko Sawahlunto melakukan operasi pasar buat mengendalikan harga bawang putih.

"Tindakan ini sesuai dengan prosedur, dimana ketika terjadi lonjakan harga barang mencapai 25 persen atau lebih, maka Pemerintah harus segera melakukan operasi pasar, untuk menstabilkan harga," ucap Andy.

Akhir pekan kemarin, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendatangkan pasokan bawang putih bekerja sama dengan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian sebanyak 23,6 ton. Pasokan bawang putih ini akan disebarkan ke pasar-pasar buat menekan tingginya harga bawang putih selama beberapa pekan terakhir.

"Pasokan ini akan mencukupi kebutuhan masyarakat Sumbar selama sebulan ke depan," kata Kepala Dinas Pangan Sumbar Efendi, Senin (17/2).

Selama beberapa pekan terakhir, harga bawang putih di Sumbar mencapai Rp 50 ribu per kilogram. Biasanya harga bawang putih hanya di angka Rp 28 ribu per kilogram. Setelah operasi pasar ini, Efendi mengatakan harga bawang putih yang dipasarkan ke masyarakat sekitar Rp 32 ribu per kilogram.

Pasokan bawang putih yang dibawa oleh Kementerian Pertanian ini menurut Efendi nantinya akan didistribusikan ke 16 kabupaten dan kota di Sumbar termasuk Kota Sawahlunto.

"Beberapa pekan ini harga bawang putih di pasar raya Padang mencapai 48 ribu sampai 50 ribu per kilo, sedangkan di daerah lain mencapai 60 ribu sampai 80 ribu per kilo nya," ucap Efendi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA