Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Tanda-Tanda Kesucian Haid Muslimah

Selasa 18 Feb 2020 05:18 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Tanda-Tanda Kesucian Haid Muslimah. Foto: Wanita haid (ilustrasi).

Tanda-Tanda Kesucian Haid Muslimah. Foto: Wanita haid (ilustrasi).

Foto: Republika/Musiron/ca
Sejumlah ulama berselisih pendapat soal tanda kesucian haid muslimah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tanda-tanda kesucian haid yang berlaku bagi Muslimah umumnya memiliki perbedaan pendapat di kalangan ulama. Para ulama-ulama mazhab menjabarkan hal itu berdasarkan argumentasi yang didasari oleh dalil.

Dalam kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid karya Ibnu Rusyd disebutkan, para ulama yang fuqaha (ahli fikih) berselisih pendapat mengenai tanda kesucian. Kelompok pertama berpandangan bahwa tanda kesucian adalah terlihatnya cairan putih atau kekeringan.

Pendapat ini dikemukakan oleh ulama-ulama mazhab Imam Malik. Para ulama dari kalangan mazhab ini berpendapat bahwa sama saja apakah biasanya seorang perempuan mendapatkan kesucian dengan cairan putih atau dengan kekeringan. Mana pun di antara keduanya yang dia lihat maka dia telah suci dengannya.

Baca Juga

Adapun pandangan dari kelompok para ulama-ulama kedua menyatakan, pembedaan dengan mengatakan bahwa apabila seorang perempuan termasuk yang biasa melihat cairan putih maka dia belum suci sampai melihatnya. Dan apabila dia termasuk yang tidak biasa melihat cairan putih, maka kesuciannya adalah kekeringan.

Sedangkan penyebab adanya perselisihan pendapat ini dikarenakan adanya sebagian dari mereka memperhatikan kebiasaan dan sebagian yang lain memperhatikan berhentinya darah saja. Namun, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa perempuan yang biasanya mendapatkan kesucian dengan kekeringan, maka ia telah suci dengan terlihatnya cairan putih.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA