Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Gelar Senja Pramuka Banjarmasin Dimeriahkan Tari Kolosal

Senin 17 Feb 2020 23:40 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

Kwartir Ranting Kecamatan Parung, Bogor, Jawa Barat, untuk kali pertama ditahun 2020 menyelenggarakan Gelar Senja di halaman kantor Kecamatan Parung, Jum

Kwartir Ranting Kecamatan Parung, Bogor, Jawa Barat, untuk kali pertama ditahun 2020 menyelenggarakan Gelar Senja di halaman kantor Kecamatan Parung, Jum

Foto: Istimewa
Upacara gelar senja untuk menguatkan patriotisme bagi anggota Pramuka.

REPUBLIKA.CO.ID,BANJARMASIN -- Upacara gelar senja pramuka Kota Banjarmasin dimeriahkan dengan penampilan kesenian ratusan pramuka cilik di halaman Balaikota, Senin (17/2).

Mereka menampilkan tari kolosal, berjoget hingga teater yang membuat perhatian Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina yang didapuk sebagai pembina upacara pada saat itu.

Menurut Wali Kota Banjarmasi H Ibnu Sina, ini kegiatan yang sangat positif, di mana semua berkreasi dan menampilkan bakat seni, hingga terjadi kegembiraan bagi semua. "Saya harap kegiatan ini terus dilaksakan, hingga pramuka di daerah ini terus eksis," tuturnya.

Sekretaris Kwartir Pramuka Cabang Kota Banjarmasin Sumarno HD mengungkapkan, upacara gelar senja rutin dilaksanakan setiap tanggal 17 pada bulan berjalan. "Jadi bergantian Kwartir pramuka di kecamatan melaksanakan, saat ini dari Banjarmasin Selatan," ujarnya.

Sebelumnya, tutur Sumarno, kegiatan upacara gelar senja dilaksanakan di kecamatan secara bergilir, namun sekarang ditetapkan di halaman balai kota sejak Februari ini hingga seterusnya. "Dengan banyak pertimbangan, kita tetapkan setiap bulannya digelar di halaman Balai Kota saja," ujarnya.

Tujuan utama upacara gelar senja ini, terang Sumarno, adalah menguatkan patriotisme bagi anggota pramuka, utamanya ditanamkan pada anggota yang masih muda ini. "Karena kan harus diingat juga, tanggal kemerdekaan negara kita itu 17, jadi agar ingat semua, hingga terus digelar upacara ini pada tanggal 17 setiap bulan berjalan," ungkapnya.

Selain itu, kata Sumarno, kegiatan ini juga menampilkan kreativitas dan keterampilan dalam ke pramukaan yang banyak bergelut di kegiatan sosial. "Jadi penanaman-penamaman nilai itu yang terus kita lakukan, sehingga mereka menjadi pribadi yang baik, sosial dan patriotisme," ujarnya.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA