Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Peserta CPNS Kubu Raya Kesulitan Kerjakan Tes Intelegensia

Senin 17 Feb 2020 18:00 WIB

Red: Ani Nursalikah

Peserta CPNS Kubu Raya Kesulitan Kerjakan Tes Intelegensia. Foto ilustrasi peserta tes CPNS.

Peserta CPNS Kubu Raya Kesulitan Kerjakan Tes Intelegensia. Foto ilustrasi peserta tes CPNS.

Foto: Antara/Galih Pradipta
Hasil Tes Intelegensia Umum CPNS ditentukan dalalm tiga poin.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Para peserta CPNS (calon pegawai negeri sipil) rata-rata mengakui kesulitan saat menghadapi Tes Intelegensia Umum (TIU) sehingga banyak yang gagal dalam tes TIU tersebut. Salah seorang peserta tes CPNS di Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Dwi Astuti mengeluhkan kesulitan dalam menyelesaikan tes intelegensia umum tersebut.

"Saya dan peserta lainnya sangat kesulitan dalam menyelesaikan tes TIU dalam proses tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) CPNS," kata Dwi yang merupakan peserta asal Kabupaten Sanggau, Senin (17/2).

Ia menambahkan, dirinya kesulitan dalam soal hitung-hitungan sehingga dia gagal di TIU tersebut. Padahal, menurut dia telah mempersiapkan diri, mulai dari persiapan mental sampai strategi cara belajar yang benar dan telah mempelajari kisi-kisi yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemanpan RB) walaupun akhirnya gagal.

Ia menjelaskan, hasil tes CPNS ini ditentukan dalam tiga poin, yakni terdiri dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) dengan skor minimal 65 poin, kemudian TIU 80 poin, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 126 poin. "Tesnya ditentukan dalam tiga poin, TWK, TIU, dan TKP, semuanya itu masing-masing ada nilai minimumnya, dan saya kurang satu poin saja," ujarnya.

Hal senada juga diakui peserta lain, Ahmad Mawardi yang berasal dari Desa Punggur, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Ia merasa kecewa karena untuk kedua kalinya dia tes CPNS dan kembali gagal.

Menurut dia, nilai TWK yang diperolehnya 80 poin, kemudian hasil TIU 75 poin, dan TKP 110 poin. Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengatakan, pada penerimaan CPNS tahun ini, Kemenpan mengalokasikan 227 formasi bagi Pemkab Kubu Raya.

"Dari 227 CPNS, terdiri dari formasi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya. Namun memang yang paling banyak dibutuhkan formasi tenaga kesehatan dan guru," ujarnya.

Yusran berharap, semua peserta yang lulus tes CPNS di Pemerintah Kubu Raya tahun ini merupakan orang-orang terbaik yang mampu menjalankan tugas dan kewajiban sebagai abdi negara nantinya.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA