Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

10 Hadits tentang Kesehatan dan Kebersihan

Senin 17 Feb 2020 15:12 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Berwudhu (ilustrasi)

Berwudhu (ilustrasi)

Foto: Pixabay
Islam memberi perhatian besar pada kesehatan dan kebersihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesehatan dan kebersihan merupakan hal yang mendapat perhatian besar dari agama Islam. Islam juga mewajibkan membersihkan diri sendiri sebagai persiapan sebelum melaksanakan shalat.

Merawat kebersihan tidak hanya dianggap sebagai kebiasaan yang baik, tetapi juga diterjemahkan sebagai ritual yang menjadi bagian dari keyakinan itu sendiri. Seorang Muslim diharuskan dalam keadaan bersih ketika melakukan shalat, mencakup pembersihan diri dengan benar setelah menggunakan toilet dan wudhu.

Mandi wajib harus dilakukan pasangan usai melakukan hubungan badan. Selain itu, Islam juga mendorong umatnya untuk membersihkan gigi.

Islam peduli dengan kesejahteraan manusia baik di dunia maupun di akhirat. Seorang mukmin yang kuat dan sehat lebih baik dalam pandangan Allah daripada yang lemah, karena kesehatan lebih memenuhi syarat untuk menjalankan tujuan Islam dan melayani umat manusia.

Beberapa hadits di bawah ini mengungkapkan sejauh mana Islam berhati-hati bahkan untuk detail kebersihan pribadi. Salah satunya menekankn kebersihan adalah bagian tak terpisahkan dari iman. Berikut 10 hadits mengenai kebersihan dilansir di About Islam.

1. Abu Malik Al-Ash`ari ra melaporkan Rasulullah SAW mengatakan, "Kebersihan adalah sebagian dari iman."

2. Perihal pentingnya menyikat gigi, Aisyah RA melaporkan Nabi SAW pernah bersabda, "Siwak (ranting yang digunakan untuk menyikat gigi) membersihkan dan menyucikan mulut serta menyenangkan Tuhan". (An-Nasa'i dan Ibn Khuzaimah; disahkan oleh Al-Albani)

3. Abu Hurairah RA juga melaporkan Rasulullah SAW juga pernah berkata, "Seandainya aku tidak ingin terlalu membebani pengikutku, aku akan memerintahkan mereka menggunakan siwak setiap sebelum melakukan ibadah." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

4. Menjaga kebersihan pribadi adalah sifat alami manusia. Abu Hurairah menyebut Nabi SAW pernah bersabda, "Fitrah itu ada lima, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak". (HR Al-Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA