Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Kukuhkan HABSI, PBSI UHAMKA Siap Cetak Lulusan Unggul

Senin 17 Feb 2020 06:21 WIB

Red: Irwan Kelana

Suasana pengukuhan pengurus Himpunan Alumni PBSI (HABSI) dan Temu Alumni PBSI UHAMKA.

Suasana pengukuhan pengurus Himpunan Alumni PBSI (HABSI) dan Temu Alumni PBSI UHAMKA.

Foto: Dok PBSI UHAMKA
Peran alumni PBSI UHAMKA sangat membantu dalam berbagai agenda prodi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam upaya mempererat tali silaturahim dan memperkuat jaringan alumni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP UHAMKA mengukuhkan organisasi alumni yang dinamai Himpunan Alumni PBSI (HABSI), Sabtu (15/2).

Pengukuhan yang digelar dalam acara Temu Alumni PBSI UHAMKA di Auditorium Ahmad Dahlan, Kampus B UHAMKA, Jakarta, ini dihadiri segenap jajaran Prodi PBSI dan alumni dari angkatan 2011-2015.

Dengan dirangkulnya alumni dalam HABSI, diharapkan ke depan Prodi PBSI FKIP UHAMKA bisalebih maju dan siap dalam menghadapi tantangan dunia luar. Keberadaan HABSI menjadi salah satu tonggak untuk menghidupkan komunikasi dan silaturahim alumni antarangkatan, sehingga program-program pembinaan mahasiswa PBSI UHAMKA akan lebih optimal.

"Tahun depan, tugas berat pengurus HABSI adalah harus merancang dan menyelenggarakan Reuni Akbar Alumni PBSI," kata Kepala Prodi PBSI UHAMKA, Prima Gustiyanti, Sabtu (15/2). 

Dengan telah dikukuhkannya pengurus HABSI, dia melanjutkan,  diharapkan terjain  hubungan mitra yang lebih intensif dalam rangka membangun jaringan prodi PBSI yang lebih kuat. “Terutama  dalam menyiapkan lulusan-lulusan bermutu yang sesuai dengan visi dan misi prodi,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Prodi PBSI, Nur Aini Puspitasari, menyampaikan, selama ini, peran alumni sangat membantu dalam berbagai agenda prodi. Misalnya, dia mencontohkan, dalam proses penyusunan visi dan misi prodi, alumni turut serta dilibatkan serta memberi masukan dan saran. Terlebih, kata dia, alumni dengan latar belakang berbeda-beda  bisa menjadi mitra kerja prodi ke depan dalam program-programnya.

Dalam pembaruan kurikulum, Prodi PBSI FKIP UHAMKA juga melibatkan stakeholder yakni para alumni yang berkiprah di berbagai bidang. Hal ini dilakukan utamanya dalam rangka mempersiapkan lulusan terbaik dan unggul yang siap berkiprah di segala bidang.

"Dalam rencana pembaruan kurikulum pun, prodi mendengar masukan dan saran dari alumni. Terutama yang sekarang berkiprah di berbagai bidang, seperti media massa, BUMN, sekolah, dan industri kreatif. Jadi, lulusan PBSI ini tidak hanya unggul di bidang keguruan, tapi juga di bidang lainnya," ungkapnya.

Abdul Rahman Jupri sebagai ketua koordinator HABSI, dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa acara ini adalah perdana yang dilaksanakan oleh Prodi PBSI. "Temu alumni secara resmi ini yang perdana dalam sejarah prodi PBSI. Jadi, kita adalah  pelaku sejarah," ujarnya.

Jupri mengatakan, ALUMNI adalah mitra strategis prodi dalam rangka menyiapan Prodi PBSI yang unggul dalam skala internasional. Profil alumni yang berkiprah di berbagai bidang, kata dia, merupakan prestasi positif Prodi PBSI UHAMKA. "Hal ini mesti dilanjutkan. Dengan adanya HABSI, ke depan PBSI bisa mencetak lebih banyak lulusan unggul," ungkapnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA