Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

LSUV Suzuki, Bukan Sekedar Wajah Baru

Ahad 16 Feb 2020 10:01 WIB

Red: Hiru Muhammad

LSUV Suzuki XL7, setelah resmi dipasarkan Sabtu (15/2)

LSUV Suzuki XL7, setelah resmi dipasarkan Sabtu (15/2)

Foto: dok istimewa
Ada sejumlah kemiripan dan perbedaan XL7 dengan All New Ertiga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama XL7 tentunya tidak asing lagi bagi pecinta otomotif di Tanah Air. Di awal tahun 2000an publik sempat dikejutkan dengan hadirnya kendaraan Suzuki Grand Escudo XL7 yang berbodi bongsor. Kendaraan ini mampu menampung penumpang hingga 7 orang, lebih panjang dari adiknya Suzuki Escudo maupun Vitara yang hanya sanggup memboyong lima penumpang. 

Saat itu suzuki XL7 ini sempat beredar dipasaran, namun entah mengapa akhirnya menghilang dalam waktu lama. Kini, di awal tahun 2020 seiring dengan kebangkitan pasar SUV, Suzuki kembali melansir low SUV andalannya itu ke publik  Tanah Air.

Bahkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah mematok angka penjualan 20 persen bagi XL7 terbarunya tersebut.  "Selain dalam negeri akan kita ekspor ke 29 negara," kata Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS di sela peluncuran XL7 secara global, Sabtu (15/2).

Menurutnya, XL7 telah diproduksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat sejak 2,5 bulan lalu. Sehingga konsumen sudah bisa memesannya saat ini dan waktu tunggunya tidak terlalu lama. Pihaknya menargetkan ekspor XL7 sebanyak 12.600 dengan spesifikasi yang berbagam dan penjualan di tanah air sebanyak 2 ribu unit.  

Apabila melihat tampilan XL7 terutama dari eskterior bagian belakang tidak jauh berbeda dari Suzuki Newa Ertiga yang telaj diluncurkan terlebih dahulu. Terutama bagian lampu belakang. Memang ada kemiripan diantara kedua jenis kendaraan ini. Seperti mesin K15B yang sama dengan Ertiga berkapasitas 1.462 cc yang dapat menghasilkan daya sebesar 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. dan sama-sama berpenggerak roda depan. 

Namun, dari sistem engine control unit (ECU), ketinggian bodi dan unit kontrol elektronik yang mengendalikan berbagai fasilitas aksesoris yang ada dikendaraan berbeda.

Begitu juga sosok bagian depan XL 7 sudah dilengkapi  bold LED headlamp with DRL, dan grill bagian depan yang dilengkapi garis chrome melintang menimbulkan kesan lebih gagah. XL7 juga dilengkapi dengan roof rail sebagai salah satu ciri kendaraan SUV.

Dari sisi interior,  XL7 memiliki kabin yang lebih nyaman dengan warna hitam yang sporty pada dashboard, armrest pada baris pertama serta kedua, audio system touch screen 8 inch, carbon fibered pattern dashboard, ventilated cup holder, serta tampilan multi information display (MID) pada kokpit pengemudi.

Fitur ABS/ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer juga dijejali pada kendaraan ini. XL7 ditawarkan tiga tipe Zeta, Beta dan Alpha mulai Rp 230 juta untuk varian terendah Zeta manual,  dan  tertinggi Alpha otomatis Rp 267 juta.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA