Ahad 16 Feb 2020 09:14 WIB

Membidik Pasar SUV yang Kian Seksi

Pasar SUV diperkirakan terus tumbuh khususnya di kelas medium dan low SUV

Pasar SUV yang terus berkembang membuat pabrikan meluncurkan SUV andalannya.
Foto: dok istimewa
Pasar SUV yang terus berkembang membuat pabrikan meluncurkan SUV andalannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV) di tanah air dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat. Pertumbuhan itu telah memantapkan posisinya sebagai salah satu dari tiga jenis kendaraan terlaris di tanah air selain multi purpose vehicle (MPV) dan kendaraan niaga yang terlebih dahulu merajai pasar otomotif di Indonesia. 

"Pasarnya terus tumbuh dan diprediksi SUV akan menguasai 2 persen dari total pasar 5 persen yang ada," kata 4 Wheel Marketing Director Suzuki Indomobil Sales, Doni Saputra, Sabtu (15/2) usai peluncuran Suzuki XL7 secara global.

Pihaknya telah memproduksi beragam jenis SUV mulai dari Jimny, Katana, Escudo dan laiinnya sejak lama dan sampai kini masih terus beredar di pasaran. Bahkan konsumen peminat Jimny terbaru harus inden beberapa bulan karena  masih diproduksi di Jepang.

Di perkirakan pasar SUV akan terus tumbuh dalam beberapa tahun mendatang, khususnya kelas medium dan low SUV. Pertumbuhan itu antara lain adanya pergeseran selera konsumen dari pemilik kendaraan MPV yang ingin naik kelas ke SUV. Di sisi lain ada persamaan karakter antara kedua jenis kendaraan ini seperti daya tampung yang besar dan kenyamanan.

Namun, di kelas SUV ada nilai tambah berupa ground clearance yang lebih tinggi. Hal ini membuatnya lebih mudah melaju di berbagai kondisi jalan di Indonesia yang beragam. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, terlebih harga jual baru low SUV tidak terpaut jauh dari MPV di kelasnya.

Menurutnya, pasar otomotif saat ini tidak terlepas dari kondisi ekonomi yang tumbuh di kisaran 5 persen, regulasi baru pemerintah yang dapat memberikan rangsangan bagi penjualan dan produk baru yang menjadi daya tarik konsumen. "Kalau ada produk baru pasar akan berkontraksi karena menjadi daya tarik," kata Doni. 

Suzuki XL7 memiliki tiga keunggulan utama yaitu eksterior yang tangguh, interior yang nyaman, serta berbagai fitur yang canggih. Seluruh kelebihan itu membuat XL7 sebagai SUV 7-seater yang tangguh dengan tampilan yang lebih modern dan berkarakter. "Kendaraan ini mampu mendukung kegiatan keluarga yang menyukai petualangan," katanya. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement