Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Bapak 5G Itu Ternyata Karyawan Huawei

Ahad 16 Feb 2020 06:55 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Bapak 5G Itu Ternyata Karyawan Huawei. (FOTO: Reuters/Steve Marcus)

Bapak 5G Itu Ternyata Karyawan Huawei. (FOTO: Reuters/Steve Marcus)

Michael Lemke, disebut-sebut sebagai orang yang punya andil munculnya teknologi 5G.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Michael Lemke, disebut-sebut sebagai orang yang punya andil dengan munculnya teknologi 5G. Pria berkebangsaan Jerman ini merupakan ahli fisika yang bergelar PhD (doktor). Kabarnya, ia menggeluti dunia telekomunikasi sudah hampir 24 tahun lamanya.

 

Michael Lemke dianggap sosok penemu (bapak) dari jaringan 5G. Penemu 5G melakukan penelitian di Dresden University of Technology yang dimulai sejak Januari 2016. Perkembangan 5G digunakan untuk dasar Internet of Things, smart city dan telemedicine. 

 

Baca Juga: Diancam AS, Inggris Seru Sekutu Hentikan 5G Milik Huawei

 

Saat ini pun Lemke merupakan ahli teknologi senior di salah satu brand seluler ternama yaitu Huawei. Setelah teknologi jaringan seluler berkembang pesat dan sampai pada tahap 4G, Lemke memprediksikan akan hadirnya teknologi jaringan kelima yaitu 5G.

 

Baca Juga: Pemerintahan Trump Hanya Mau Kembangkan 5G Kalau Enggak Sama Perusahaan China

 

Untuk mewujudkan teknologi canggih tersebut negara Jerman sudah bersiap diri melalui Dresden University of Technology yang dimulai sejak Januari 2016. Di tempat ini terdapat laboratorium khusus yang dinamakan 5G Lab Germany.

 

Dengan melibatkan 22 profesor dan bekerjasama dengan 600 karyawan dari penyedia internet seperti Vodafone, Nokia, Ericcson dan Bosch, mereka siap mewujudkan jaringan masa depan tersebut. Pengembangan teknologi 5G ini dipimpin oleh Frank Fitzek dari Deutsche Telekom.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA