Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Saingi Dominasi Google, Ponsel China Berkoalisi

Ahad 09 Feb 2020 14:36 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Saingi Dominasi Google, Ponsel China Berkoalisi. (FOTO: KrAsia)

Saingi Dominasi Google, Ponsel China Berkoalisi. (FOTO: KrAsia)

Huawei, Xiaomi, Oppo, dan Vivo, kabarnya berkoalisi untuk ciptakan platform baru.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Persaingan industri teknologi ponsel pintar semakin ketat. Tidak bisa dipungkiri, Google menjadi perusahaan yang mendominasi industri ini berkat Google Play Store.

Sebagai upaya mengakhiri dominasi raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu, sejumlah produsen ponsel pintar asal China, Huawei, Xiaomi, Oppo, dan Vivo, kabarnya telah berkoalisi untuk menciptakan platform baru demi mengalahkan Play Store.

Melansir dari The Verge, Jumat (7/2/2020), dalam pengembangan platform, keempat merek itu sudah memiliki bendera baru, yaitu di bawah naungan Global Developer Service Alliance (GDSA), yang juga bisa diakses oleh sejumlah ponsel China lainnya.

Baca Juga: Cari Tandingan Huawei, Saham Ericsson dan Nokia Melambung

Meski belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan platform aliansi ini dapat digunakan, namun, rumor yang beredar menyebutkan bahwa paling cepat akan meluncurkan pada Maret 2020. Rumor juga mengatakan, platform tersebut rencananya akan dioperasikan di sembilan negara, di antaranya India, Rusia, Malaysia, termasuk Indonesia.

Menurut laporan Sensor Tower, Play Store memang sangat menguntungkan Google. Sepanjang 2019, secara global Google berhasil meraup keuntungan USD8,8 miliar dari Play Store.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA