Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Dinkes Batang Isolasi Belasan TKA Asal China

Sabtu 15 Feb 2020 06:31 WIB

Red: Nidia Zuraya

Tenaga Kerja Dari Cina ( ilustrasi)

Tenaga Kerja Dari Cina ( ilustrasi)

Foto: Republika/Mardiah
Belasan TKA China ini baru saja kembali ke Batang setelah pulang mudik ke negaranya

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengisolasi sebanyak 14 tenaga kerja asing (TKA) asal China. Belasan TKA China tersebut diisolasi setelah mereka pulang (mudik) ke negaranya dan kembali bekerja di daerah setempat.

Kepala Dinkes Batang dr Muchlasin di Batang, Jumat (14/2) mengatakan bahwa kegiatan isolasi tersebut sebagai upaya memastikan para TKA China yang baru saja kembali ke negara asalnya tersebut tidak terjangkit virus corona baru (Covid-19).

"Isolasi ini adalah sesuai prosedur karena para TKA tersebut baru saja pulang mudik dari kampung halamannya di China pada 2 Februari 2020," katanya.

Menurut dia, sesuai prosedur para TKA tersebut harus diisolasi selama 14 hari untuk memastikan apakah mereka terkena virus Covid-19 atau tidak. "Para TKA itu memang ketika memasuki bandara sudah lolos screening melalui thermal scanner. Akan tetapi meski mereka sudah lolos, kami akan melakukan pencegahan dengan cara diisolasi terlebih dahulu selama 14 hari," kata Muchlasin.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Batang Yuli Suryandaru mengatakan pihaknya terus melakukan pantauan dan pemeriksaan terhadap mereka sebanyak dua hari sekali. Selain itu, kata dia, para TKA juga telah mendapatkan pendampingan dan pada masa isolasi mereka juga tidak diperbolehkan keluar dari ruangan.

"Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui suhu tubuh dan kondisi para TKA yang diisolasi. Kami juga rutin berkomunikasi dengan pendamping para TKA untuk mendapatkan 'update' informasi," demikianYuli Suryandaru.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA