Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Verifikasi Data Warga Prasejahtera Depok Berbasis Aplikasi

Jumat 14 Feb 2020 06:00 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Agus Yulianto

Sejumlah warga Prasejahtera berisitrahat di bawah kolong tol. (Ilustrasi)

Sejumlah warga Prasejahtera berisitrahat di bawah kolong tol. (Ilustrasi)

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Aplikasi Siks Droid sangat mempermudah tugas.

REPUBLIKA.CO.ID, Depok -- Mulai 2020, pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dilakukan melalui aplikasi Siks Droid yang diluncurkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Untuk itu, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi unsur Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) yaitu petugas fasilitator, puskesos dan supervisor. 

"Nantinya proses verifikasi dan validasi semua menggunakan aplikasi pada telepon selular TKSK. Mereka diberi user name dan sandi. Selain lebih memudahkan kerja mereka, cara ini juga lebih aman serta data langsung  masuk ke database Dinsos Depok," ujar Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Kota Depok, Tri Redjeki Handayani di Balai Kota Depok, Kamis (13/2).

Dia menjelaskan, bimtek ini sebagai komitmen pemerintah dalam melaksanakan verifikasi dan validasi data kesejahteraan sosial. Dengan begitu, ke depan dapat mewujudkan data yang akurat, mutakhir, dan terintegrasi.

"Nantinya kami tinggal melakukan pengecekan kembali pada sistem. Mudah-mudahan dengan sistem ini, dapat meningkatkan ketepatan sasaran penerima manfaat program penyelengaraan kesejahteraan sosial," ujar Tri.

Salah satu peserta bimtek, Wiwin Mutoharoh mengatakan, aplikasi Siks Droid sangat mempermudah tugasnya. Salah satunya memangkas  waktu  dalam proses pendataan.

"Saya tidak perlu mengisi formulir lagi, kelengkapan syarat tinggal foto saja.  Mudah-mudahan kemudahan ini bisa terus dikembangkan sehingga dapat meminimalisir berbagai kendala yang dihadapi selama ini," ujar Wiwin. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA