Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Masyarakat di Ambon Keluhkan Harga Bawang Putih Meroket

Jumat 07 Feb 2020 12:31 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Harga bawang putih di Ambon mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Ilustrasi.

Harga bawang putih di Ambon mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Ilustrasi.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Harga bawang putih di Ambon mencapai Rp 60 ribu per kilogram

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON - Warga kota Ambon terutama kaum ibu yang berbelanja di pasar tradisional Mardika, Batu merah dan pasar lama mengeluhkan harga bawang putih yang naik. Harga bawang putih meroket hingga mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

"Harga bawang putih saat ini naik cukup tinggi yakni Rp 60 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 48 ribu per kilogram," ujar salah seorang ibu rumah tangga seusai membeli satu kilogram bawang putih di pasar Mardika, Merry pada Jumat.

Ia mengeluh kenaikan harga bawang putih itu tajam sekali, apalagi dua hari lalu masih Rp 48 ribu per kilogram. "Informasi dari pedagang akan terjadi kenaikan harga dalam waktu dekat ini, mengikuti perkembangan harga di Surabaya dan Makassar," katanya.

Warga Kelurahan Mangga dua, Lusiana, yang ditemui juga mengeluhkan kenaikan harga bawang putih. "Pasti harga bawang putih naik terus. Saya juga dapat info dari pedagang lain, katanya terjadi perubahan naik di pasar utama Surabaya," ujarnya.

Pedagang di pasar Mardika, Etok, yang dikonfirmasi mengakui harga bawang putih sudah bergerak naik hingga mencapai Rp 60 ribu per kilogram. "Kalau bawang merah masih lumayan sebab naiknya tidak terlalu tinggi yakni dari Rp 48 ribu per kilogram menjadi Rp 50 ribu per kilogram. Sedangkan harga eceran baik bawang merah maupun bawang putih yakni Rp 5 ribu per kantung plastik kecil," ujarnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA