Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Pemkab Banyumas Peringati Hari Jadi ke-449

Jumat 14 Feb 2020 16:44 WIB

Red: Agus Yulianto

Bupati Banyumas Achmad Husein  Widodo

Bupati Banyumas Achmad Husein Widodo

Foto: Republika/Eko Widiyatmo
Sejumlah kegiatan meramaikan hari jadi Kabupaten Banyumas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Pemerintah Kabupaten Banyumas mulai menggelar rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke 449 Kabupaten Banyumas. Berbagai kegiatan yang digelar, antara lain berupa kegiatan adat, pertunjukkan seni budaya, hingga hiburan.

Rangkaian kegiatan ini dimulai sejak Jumat (14/2), hingga puncak peringatan Hari Jadi pada 22 Februari 2020. Pada Jumat (143/2), kegiatan yang digelar berupa ziarah ke makam Bupati Pertama Banyumas, R Joko Kaiman, yang berada di makam Dawuhan Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas.

Rombongan pejabat Pemkab dan Forkompimda melakukan ziarah dengan dipimpin langsung Bupati Banyumas Achmad Husein. ''Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Banyumas. Tujuan kami menggelar ziarah, antara lain untuk mendoakan Raden Djoko Kaiman sebagai bupati pertama Banyumas,'' kata Bupati.

Ziarah diawali dengan tahlilan yang dipimpin oleh juru kunci Makam Dawuhan Sukirman. Ziarah diakhiri tabur bunga. Dalam kesempatan Bupati menyampaikan, pada masa kekuasaan Sultan Pajang Sultan Hadiwijaya, R Joko Kaiman mendapat penghargaan sebagai Adipati Warga Utama II yang menguasai wilayah eks Karesidenan Banyumas.

Namun dengan keikhlasannya, beliau membagi wilayah kekuasaanya menjadi empat wilayah kekuasaan pada saudara-saudaranya. Keempat wilayah itu, yang kini menjadi wilayah kabupaten tetangga. Usai acara sambutan, doa dan tabur bunga, bupati keluar cungkup, membagikan uang kepada warga setempat.

Bupati, wakil bupati, ketua DPRD, dan Formkompinda masing masing memegang segepok uang pecahan Rp 20.000 dan Rp 10.000. Setiap orang dewasa diberi selembar duapuluh ribuan sedangkan anak-anak diberi sepuluh ribuan. Seusai berziarah, Bupati dan rombongan melanjutkan kegiatan di Pendopo Duplikat Pendapa Sipanji di kantor Kecamatan Banyumas, untuk mengadakan tasyakuran dan menyaksikan pagelaran wayang ruwatan.

Rangkaian acara Hari Jadi ini, menurut rencana akan dilanjutkan dengan kegiatan Boyongan duplikat Sakaguru Pendopo Sipanji pada Sabtu (15/2). Boyongan duplikat sakaguru ini dilakukan mulai dari pendopo Kecamatan Banyumas, hingga pendopo Setda Banyumas yang saat ini berada di Kota Purwokerto.

''Kegiatan ini digelar untuk mengingatkan masyarakat Banyumas, bagaimana proses pemindahan pusat kekuasaan yang tadinya ada di Kecamatan Banyumas dipindah ke Kota Purwokerto,'' jelas Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko.

Acara lain yang juga digelar, antara lain kirab pusaka Kabupaten Banyumas yang rencananya digelar pada Ahad (16/2), pementasan wayang kuliat di beberapa lokasi, dan berbagai kegiatan seni budaya lainnya.

Menurut Deskart, puncak peringatan Hari Jadi akan dilaksanakan Sabtu (22/2), dengan menggelar - Upacara Hari Jadi di Alun-alun Purwokerto dan Sidang Paripurna DPRD Banyumas. ''Sedangkan resepsi peringatan Hari Jadi, akan dilaksanakan Jumat (28/2), di pendopo Setda Banyumas,'' ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA