Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Daop 8 Siap Layani Pembelian Tiket Mudik Lebaran

Jumat 14 Feb 2020 13:39 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani

Penjualan Tiket Kereta Api Lebaran

Penjualan Tiket Kereta Api Lebaran

Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Daop 8 Surabaya, terdapat 33 KA reguler jarak jauh/ menengah untuk lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menjual tiket KA reguler, untuk masa angkutan lebaran 1441 Hijriyah, mulai H-90 sebelum keberangkatan, tepatnya mulai Jumat (14/2). Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengungkapkan, pihaknya sudah sangat siap melayani masyarakat yang memesan tiket mudik lebaran tersebut. Dia mengatakan, untuk wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, terdapat 33 KA reguler jarak jauh/ menengah, pada masa angkutan lebaran 1441 H.

Perjalanan Kereta api reguler yang pemberangkatan awalnya dari PT KAI Daop 8 Surabaya tersebut terdiri dari 8 KA kelas eksekutif dengan kapasitas 3.338 tempat duduk. Kemudian ada 11 KA kelas ekonomi dengan kapasitas 8.526 tempat duduk, dan 14 KA kelas campuran dengan kapasitas 7.984 tempat duduk.

"Total dari 33 perjalanan KA reguler jarak jauh /menengah tersebut tersedia total tempat duduk sebanyak 19.848 tempat duduk," ujar Suprapto di Surabaya, Jumat (14/2).

Suprapto melanjutkan, sedangkan untuk KA reguler jarak jauh/ menengah yang melintas di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya terdapat 8 rangkaian. Yakni terdiri dari 2 KA ekonomi dengan kapasitas 1.272 tempat duduk, dan 6 KA kelas campuran dengan kapasitas 3.664 tempat duduk. Total tempat duduk yang tersedia dari 8 KA reguler jarak menengah/ jauh yang melintas di wilayah Daop 8 Surabaya tersebut sebanyak 4.936 Tempat duduk.

"Kami mengimbau agar masyarakat bisa merencanakan liburan pada masa angkutan lebaran 1441 H ini sebaik mungkin dengan memesan tiket melalui aplikasi pemesan tiket secara online atau minimarket seperti Indomaret atau Alfamart yang lebih dekat jaraknya dari masyarakat. Jadi tidak perlu lagi mengantri di Loket Stasiun," ujar Suprapto, 

Suprapto mengingatkan para calon penumpang untuk lebih teliti dalam menginput tanggal, rute, atau data diri penumpang saat melakukan pemesanan. Dia berharap masyarakat bisa merencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan ke stasiun, dan tidak sampai keliru, yang akhirnya tidak bisa berangkat mudik lebaran.

Sebagai langkah antisipasi meningkatnya jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket serta menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket di seluruh channel dapat berjalan dengan lancar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA