Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Berangkat Sehat, Pulang Sehat

Kamis 13 Feb 2020 00:45 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Kedatanagn WNI dari Wuhan, China di Natuna (Ilustrasi)

Kedatanagn WNI dari Wuhan, China di Natuna (Ilustrasi)

Foto: IST
Sebanyak 285 WNI yang diobservasi di Natuna akan dipulangkan akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 285 WNI yang diobservasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, selepas dari Wuhan, Cina akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing akhir pekan ini. Mereka sejauh ini masih dinyatakan sehat dari penyakit yang disebabkan oleh Covid-19 yang sedang mewabah di Wuhan dan menyebar ke sejumlah negara.

Covid-19 kependekan dari coronavirus disease that was discovered in 2019. Ia nama resmi yang baru saja diumumkan oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Nama sebelumnya 2019 novel coronavirus atau 2019-nCoV. 

Sejak mereka tiba di tempat itu pada 2 Februari lalu, berbagai pemberitaan telah menayangkan kegiatan observasi yang bertempat di hanggar Pangkalan TNI Angkatan Udara Raden Sadjad Ranai, Natuna. Mulai dari berolahraga, pemeriksaan kesehatan, dan kegiatan rutin harian.

Jumlah 285 orang itu terdiri atas 238 WNI yang menetap di Wuhan. Mereka dievakuasi dari Ibu Kota Provinsi Hubei, Cina setelah penduduk di wilayah tersebut terserang Virus Corona. Ada 47 orang anggota tim penjemput. Di antaranya 24 petugas gabungan dari Kementerian Kesehatan dan TNI AU, 18 orang kru maskapai Batik Air, dan lima orang dari Kementerian Luar Negeri.

Sebanyak 238 WNI dievakuasi dari Wuhan dengan menggunakan tiga pesawat. Wuhan dan beberapa kota di Provinsi Hubei telah dinyatakan oleh pemerintah China sebagai daerah tertutup sejak 23 Januari 2020.

Bila hingga masa observasi dua pekan sejak 2 Februari berakhir, tidak ada dari mereka yang terinfeksi Virus Corona, mereka akan benar-benar bisa pulang ke daerah asalnya masing-masing. Hingga tulisan ini dibuat, belum ada keterangan resmi dari instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengenai tempat tinggal mereka di daerah asal masing-masing.

Sangat patut didukung poin komunikasi dari Kementerian Kominfo RI dalam mengembangkan narasi "berangkat sehat, pulang sehat". Narasi itu untuk seluruh WNI yang telah berangkat atau bepergian ke Wuhan dalam keadaan sehat dan pulang ke daerah asal masing-masing juga dalam keadaan sehat.

Rencana pemulangan 285 WNI yang diobservasi di Natuna, tanggal 15 Februari pukul 12.00 WIB jika tidak ada yang terinfeksi Virus Corona, akan dilepas tanggal 16 Februari 2020.

Kementerian Kesehatan akan menyampaikan notifikasi pulang kepada masing-masing pemerintah kabupaten/kota yang menjadi daerah asal masing-masing WNI tersebut. Badan ini juga akan memberikan surat keterangan sehat yang ditandatangani dokter spesialis paru dan penyakit dalam, kepada masing-masing WNI tersebut di tempat observasi.

Dalam pemulangan, tidak ada kegiatan sermonial, kecuali pelepasaan secara resmi oleh pemerintah dan TNI. Mereka akan diterbangkan langsung dari Natuna ke Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Dari Bandara Halim, mereka akan diserahkan ke pemerintah daerah masing-masing.

Pemerintah daerah akan mengantarkan mereka hingga ke tempat tujuan di daerahnya masing-masing. Keluarga dari masing-masing WNI tersebut selanjutnya akan menyambut di bandara di daerahnya masing-masing.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA