Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Kuningan

Kamis 13 Feb 2020 21:31 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah

Hujan disertai angin kencang menimbulkan pohon tumbang

Hujan disertai angin kencang menimbulkan pohon tumbang

Foto: dok. Pusdalops BPBD DI Yogyakarta
Pohon tersebut tumbang menimpa sebuah rumah dan kandang kambing milik warga.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Sebuah pohon aren dan pohon nangka di RT 12 RW 02 Kelurangan Ciporang, Kecamatan/Kabupaten Kuningan, tumbang, Kamis (13/2) pukul 01.00 WIB. Pohon tersebut tumbang menimpa sebuah rumah dan kandang kambing milik warga.

Baca Juga

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, menjelaskan, peristiwa itu bermula saat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah itu sejak Rabu (12/2) pukul 16.00 WIB hingga Kamis (13/2) pukul 01.00 WIB. Hal tersebut kemudian membuat pohon aren dan pohon nangka menjadi tumbang.

Adapun pohon aren yang tumbang itu memiliki diameter 30 centimeter dan tinggi 12 meter. Sedangkan pohon nangka memiliki diameter 10 centimeter. "Kedua pohon itu tumbang menimpa rumah dan kandang kambing. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," ujar Agus, Kamis (13/2).

Namun, rumah milik warga bernama Dadang (42) yang dihuni empat jiwa itu mengalami rusak sedang. Begitu pula dengan kandang kambing milik warga bernama Rusmana (38), juga rusak sedang.

Selain peristiwa tersebut, kejadian pohon tumbang sebelumnya kerap terjadi di Kabupaten Kuningan sepanjang musim hujan tahun ini. Salah satunya kejadian pohon tumbang di Jalan RE Martadinata, tepatnya di depan RS Wijaya Kusumah, Kelurahan Ciporang, Kecamatan Kuningan, Senin (10/2). Pohon jenis angsana itu cabangnya patah menimpa sebagian badan jalan RE Martadinata. Akibatnya, arus lalu lintas di ruas jalan tersebut sempat terganggu. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA