Rabu 12 Feb 2020 23:23 WIB

Formula E Bangkitkan Industri Mobil Listrik Lokal

Formula E akan diselenggarakan di Jakarta pada Juni mendatang.

Kompetisi balapan mobil listrik internasional Formula E yang akan di gelar di Jakarta Juni mendatang disebut bisa membangkitkan industri mobil listrik lokal (Foto: ilustrasi mobil listrik)
Foto: Wikimedia
Kompetisi balapan mobil listrik internasional Formula E yang akan di gelar di Jakarta Juni mendatang disebut bisa membangkitkan industri mobil listrik lokal (Foto: ilustrasi mobil listrik)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi balapan mobil listrik internasional Formula E yang akan di gelar di Jakarta Juni mendatang disebut bisa membangkitkan industri mobil listrik lokal. Pasalnya, sejak tahun 1970, Indonesia sebenarnya ingin mengembangkan industri kendaraan bermotor, tapi gagal.

"Formula E adalah momentum bagus dalam mendorong keinginan kuat untuk mengembangkan industri lokal kendaraan bermotor yang berbasis listrik," kata Direktur Eksekutif Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), Ahmad Safrudin, di Jakarta, Rabu (12/2).

Baca Juga

Safrudin menjelaskan, Indonesia harus bisa manfaatkan momentum Formula E. Bila tidak, maka negara ini akan terus menjadi target pasar bagi para pelaku industri otomotif luar negeri.

"Dalam konteks ketahanan ekonomi nasional dan ketahanan energi nasional, alangkah baiknya kalau kita juga mulai merebut teknologi tertentu seperti kendaraan listrik untuk kita kembangkan sendiri, kemudian nanti kita produksi, lalu kita pasarkan di negara kita sendiri," ujarnya.

Indonesia saat ini telah memiliki Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Namun, Perpres ini masih memerlukan aturan turunan dari kementerian terkait, di antaranya Kementerian Perhubungan.

"Kita lihat dalam konteks untuk adopsi kendaraan listrik ini masih mandek, padahal ada momentum bagus bahwa kita akan menyelenggarakan Formula E. Kita berharap Perpres itu diturunkan menjadi langkah-langkah teknis," tambah Safrudin.

Formula E merupakan ajang balapan mobil yang 100 persen menggunakan tenaga listrik. Kompetisi balap mobil ini tidak mengeluarkan polusi udara yang berdampak buruk terhadap perubahan iklim.

Penyelenggaraan Formula E sejalan dengan visi pemerintah dalam membenahi wajah transportasi di Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia, karena kejuaraan yang telah digelar di empat benua ini bebas emisi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement