Rabu 12 Feb 2020 23:23 WIB

UMY Raih Peringkat Dua PTS se-Indonesia

Masyarakat mudah mengakses berbagai macam konten terkait UMY.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kampus UMY.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UMY.

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meraih peringkat kedua terbaik Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Nasional di awal 2020 ini. Peringkat ini diberikan oleh 4ICU Uni-Rank, dimana dari 571 perguruan tinggi baik PTS maupun PTN, UMY juga mendapat peringkat ke-15. 

Kepala Biro Sistem Informasi (BSI) UMY, Wahyudi mengatakan, peringkat tersebut diraih UMY dengan berbagai upaya yang telah dilakukan. Mulai dengan memperbaiki kualitas website kampus dan memperbaiki konten website dengan adanya pelatihan bagi pengelola agar isi konten menjadi lebih baik.

"Upaya tersebut dilakukan UMY untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta layanan situs akademik yang lebih edukatif," kata Wahyudi di UMY, Bantul, Selasa (11/2).

Kepala Divisi Pusat Data & Informasi Strategis Badan Perencanaan dan Pengembangan (Pusdatin BPP) UMY, Tony K Hariadi mengatakan, memperkaya konten website merupakan bentuk strategi dalam meningkatkan website kampus itu sendiri. Yakni dengan memperkaya konten melalui karya dosen dan mahasiswa. 

"Selain itu juga keterlibatan dalam publikasi penelitian, pengabdian masyarakat serta karya buku yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Wajah website juga diupayakan untuk lebih mudah diakses dan lebih ramah guna, sehingga lebih banyak orang yang mengakses Web UMY,” ujarnya.

Ia pun menyebut, di 2020 ini ada peningkatan yang diraih UMY dari penilaian 4ICU Uni-Rank sebelumnya. Hal ini, katanya, menjadi motivasi bagi UMY untuk terus meningkatkan kualitas website dengan memperbaiki tampilan dan memperkaya isi website kampus. 

Sehingga, masyarakat pun mudah mengakses berbagai macam konten terkait UMY. Selain itu, katanya, UMY pun memberikan kontribusi artikel maupun opini yang membahas isu-isu terkini yang dibuat oleh mahasiswa dan dosen. 

"Alhamdulillah, berawal dari ranking tiga besar PTS Nasional menjadi ranking dua besar," jelasnya. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement