Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Doa Ketika Mau Masuk Pasar

Rabu 12 Feb 2020 06:45 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Doa Ketika Mau Masuk Pasar. Foto: Aktivitas jual beli di pasar (ilustrasi)

Doa Ketika Mau Masuk Pasar. Foto: Aktivitas jual beli di pasar (ilustrasi)

Foto: Republika/Bayu Adji
Etika mau masuk ke pasar adalah dengan membaca doa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam kehidupan sehari-hari untuk menjalankan aktivitas, etika dan adab bagi umat Muslim perlu didahulukan. Salah satu etikanya adalah dengan berdoa, tak terkecuali doa ketika hendak masuk ke pasar.

Pasar merupakan tempat untuk bertransaksi dengan beragam macam rupa. Tentunya sebagai umat Muslim, kita perlu untuk hanya bertransaksi membeli barang-barang yang halal lagi bermanfaat untuk hidup kita. Hindari makanan atau barang yang terkesan jorok ketika dijual pedagang di pasar, hal ini ditujukan untuk kesehatan pribadi.

Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni disebutkan, terdapat suatu doa yang bersumber dari hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam Al-Hakim.

Hadist tersebut berbunyi:

Baca Juga

لا إِلَه إِلَّا اللَّه وَحْده لا شَرِيك لَهُ، لَهُ الْمُلْك وَلَهُ الْحَمْد، يُحْيِي وَيُمِيتُ، وَهُوَ حَيّ لا يَمُوت، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلّ شَيْء قَدِير

"La ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul-mulku wa lahul-hamdu yuhyi wa yumitu wa huwa hayyun laa yamutu biyadihil-khairu wa huwa ala kulli syai-in qadiir,".

Yang artinya: "Tiada Tuhan selain Allah, Yang Mahaesa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya pujian. Dialah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya kebaikan, Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

Bacalah doa ini ketika memasuki pasar. Semoga dengan membacanya, Allah memberikan kita petunjuk dan senantiasa menjaga kita dari segala macam  penyakit yang dimungkinkan bersumber dari pasar. Baik itu penyakit hati, batin, atau pun fisik. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA