Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Rombongan Magister Biomedik Unissula Waspadai Kasus nCoV

Selasa 11 Feb 2020 19:13 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Sebagian dari rombongan Study Trip Magister Biomedik FK Unissula Semarang ke Prince Songkhla University (PSU) Thailand berfoto bersama sebelum acara pelepasan.

Sebagian dari rombongan Study Trip Magister Biomedik FK Unissula Semarang ke Prince Songkhla University (PSU) Thailand berfoto bersama sebelum acara pelepasan.

Foto: Dokumen.
Penyebaran virus Corona telah menjadi isu medis di dunia saat ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Mahasiswa Magister Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (FK Unissula) Semarang, Jawa Tengah, melaksanakan study trip Magister Biomedik ke Prince Songkhla University (PSU), Thailand.

Selama lima hari, mulai 11 hingga 16 Februari 2020, rombongan mahasiswa Biomedik Unissula yang dipimpin Dekan FK Unissula, Dr SetyoTrisnadi, dan dosen Prof Taufiqurrhman Nasihun, Dr Titiek Sumarwati, dan Putri R Ayuningtyas S,  serta 19 mahasiswa magister Biomedik ini, bakal berada di negeri Gajah Putih untuk melaksanakan sejumlah agenda akademik.

Dalam kunjungan guna menindaklanjuti kerja sama akademik kedua perguruan tinggi tersebut, rombongan study trip Magister Biomedik FK Unissula ini tetap mewaspadai penyebaran wabah virus Corona.

Seperti diketahui, otoritas kesehatan di Thailand telah merilis tentang temuan sedikitnya 32 kasus infeksi virus Corona, sejak kasus wabah virus yang juga populer disebut 2019 nCoV tersebut muncul kali pertama di Kota Wuhan, China.

Dalam sambutan pelepasan delegasi study trip Biomedik Unissula ini, Dekan FK Unissula, Dr Setyo Trisnadi menyampaikan, terkait dengan penyebaran virus Corona yang telah menjadi isu medis di dunia saat ini tetap menjadi perhatian penuh delegasi Unissula.

Apapun yang terkait dengan isu penyebaran virus corona, tetap menjadi perhatian para delegasi Unissula yang akan bertolak keluar negeri. Hal ini sebagai bentuk antisipasi agar selama melaksanakan study trip senantiasa diberikan kelancaran.

Alhamdulillah, setelah kami pelajari dan cermati, dapat dipastikan tempat-tempat yang akan kami kunjungi selama di negara Thailand merupakan kawasan Thailand Selatan yang bebas dari penyebaran virus Corona tersebut,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, agenda study trip ini merupakan implementasi dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Unissula dengan PSU. “Ke depan, kerja sama dengan UPI tersebut akan terus diperluas dengan agenda akademik seperti student exchange, penelitian, benchmarking, dan lainnya,” tambah Trisnadi.

Terpisah, Rektor Unissula, Ir Prabowo Setiyawan  dalam acara pelepasan ini, menyampaikan apresiasi atas misi yag akan dilaksanakan delegasi serta rombongan Magister Biomedik FK Unissula tersebut.

Ia berharap, agenda akademik ini menjadi baik untuk Fakultas Kedokteran Unissula dan Universitas Islam Sultan Agung juga. “Ini merupakan nikmat Allah yang wajib disyukuri, Allah memberikan kesempatan untuk bisa belajar, menambah pengalaman, dan meningkatan kualitas keilmuan di luar negeri,” jelas Prabowo.

Sementara itu, ke-19 mahasiswa Magister Biomedik FK Unissula yang tergabung dalam study trip ke PSU Thailand ini terdiri atas Alamsyah, Nur Fitriani Hamra, Khalifa Retno Dwi R, Qurrota A'yuni A, Perez Wahyu P, Asti Sholehah Al Fatin, Azizah Retno Kustiyah, dan Rahayu.

Selaain itu juga Moh Syafiullah, Angga Pria Sundawa, Reza Aditya Trisnadi, Mahendra Wahyu Dewangga, Annisa Nurul Hikmah, Adrian Roy, Fadhli Rizal Makarim, Novia Kartikasari, Umi Rosidah, dan Arif Mukti Mindi Roeseno.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA