Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Tidak Punya Cukup Waktu Merawat Mobil? Coba Tips Ini

Rabu 12 Feb 2020 05:04 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah

Ada cara sederhana merawat mobil namun tidak terlalu banyak menyita waktu (Foto: ilustrasi pengendara mobil)

Ada cara sederhana merawat mobil namun tidak terlalu banyak menyita waktu (Foto: ilustrasi pengendara mobil)

Foto: Needpix
Ada cara sederhana merawat mobil namun tidak terlalu banyak menyita waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian masyarakat menggunakan mobil pribadi sebagai sarana dalam mobilitas sehari-hari. Tapi, padatnya rutinitas kadang membuat pemilik kendaraan luput atau lupa untuk datang ke bengkel.

Baca Juga

Terkecuali untuk melakukan perawatan berkala setiap 10 ribu kilometer atau 6 bulan sekali. Untuk menyikapi hal itu, Daihatsu pun membagikan tips agar mobil tetap aman dan nyaman selama digunakan beraktivitas sehari-hari.

Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi mengatakan, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan dalam melakukan perawatan. Namun, tak terlalu banyak menyita waktu.

“Pertama, periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant resmi,” kata Bambang Supriyadi dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Selasa (11/2).

Selanjutnya, periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin. Kemudian, lanjut dia, bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, pengendara bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering.

“Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap terjaga dengan baik,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang dari batas minimum dan lampu indikator rem menyala, ia menyarankan agar segera hubungi bengkel resmi terdekat.

Khusus pengguna aki basah, pastikan kondisi aki dengan cara melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level. Ia pun menyarankan untuk mengisinair aki secara berkala agar aki tetap berfungsi secara optimal.

“Dari sharing tips ini, pelanggan dapat menjaga kendaraan kesayangannya agar tetap dalam kondisi yang optimal dan dapat digunakan beraktivitas sehari-hari. Selain itu, pengendara juga dapat mempercayakan kendaraannya ke bengkel resmi terdekat pengecekan kendaraan bisa lebih maksimal karena ditangani oleh teknisi handal,” kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA