Selasa 11 Feb 2020 16:45 WIB

Nadiem Sambut Rencana Pembangunan Monash University Jakarta

Harapan setelah dibangunnya universitas tersebut bisa meningkatkan kolaborasi.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Gita Amanda
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sambut pembangunan Monash University di Jakarta.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sambut pembangunan Monash University di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyambut baik soal akan dibangunnya Monash University di Indonesia. Keberadaan kampus asal Australia di Tanah Air itu menurut Nadiem bisa ikut meningkatkan kualitas perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

"Kami senang banget mendengar kabarnya, Pak Presiden kan sudah meng-announce ya," kata Nadiem, ditemui usai konferensi pers dana BOS di Kantor Kementerian Keuangan, Senin (10/2) lalu.

Baca Juga

Ia memiliki harapan besar untuk pendidikan tinggi di Indonesia terkait dengan dibangunnya Monash University. Ia menjelaskan, harapan setelah dibangunnya universitas tersebut bisa meningkatkan kolaborasi dengan perguruan tinggi lokal.

Nadiem melanjutkan, kementeriannya sangat mengapresiasi rencana pembangunan Monash University ini. Pihaknya juga bersedia membantu memberikan fasilitas berbagai macam kemitraan antara universitas asing dengan Indonesia. Ke depannya, ia ingin semakin banyak kemitraan antara perguruan tinggi lokal dengan perguruan tinggi yang berkelas dunia.

"Karena itu kan S2 dan S3 ya mereka, maka research partnership-nya dengan universitas lokal akan banyak sekali. Mereka akan berkolaborasi, dan kalau riset berkolaborasi dengan kita, ranking daripada universitas kita juga bisa naik," kata Nadiem menjelaskan.

Universitas yang berpusat di Australia ini nantinya akan dibangun di Jakarta. Pendidikan yang ditawarkan akan difokuskan kepada mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar master dan doktor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement