Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Tak Bisa Berjalan, Pele Dikabarkan Depresi

Selasa 11 Feb 2020 12:45 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Pele.

Pele.

Foto: REUTERS/Paulo Whitaker
Dalam beberapa tahun terakhir, kesehatan Pele memang mendapatkan sorotan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putra pesepak bola legendaris Brasil Pele, Edinho, mengatakan, ayahnya saat ini sedang tidak bisa berjalan. Pele harus menggunakan kursi roda untuk bisa bergerak.

Dalam beberapa tahun terakhir, kesehatan Pele memang mendapatkan sorotan. Tahun lalu, pemenang Piala Dunia tiga kali itu harus menjalani perawatan karena mengalami infeksi saluran kemih.

Pele juga pernah menjalani operasi prostat pada 2015 setelah perawatan di rumah sakit untuk kedua kalinya dalam enam bulan.

Pele, kata Edinho, mengalami masalah pada pinggulnya sehingga terpaksa menggunakan alat bantu untuk bergerak. Akhir-akhir ini, Pele selalu menggunakan kursi roda ketika tampil ke publik.

"Bayangkan dia raja, dia selalu sosok yang mengesankan dan hari ini dia tidak bisa berjalan dengan baik," kata Edinho kepada TV Globo, dilansir dari BBC, Selasa (11/2).

Atas kondisi yang dialaminya saat ini, Edinho mengungkapkan, ayahnya malu untuk keluar rumah. Edinho bahkan menyebut Pele mengalami depresi.

Pele dianggap sebagai pemain sepak bola terbesar sepanjang masa. Pele mencatatkan rekor dengan mencetak 1.281 gol dalam 1.363 penampilannya selama 21 tahun berkarier di dunia sepak bola. Sebanyak 77 gol dalam 91 pertandingan di antaranya bersama timnas Brasil.

Pada Juni nanti, tepat 50 tahun Pele meraih gelar Piala Dunia di Meksiko. Orang-orang menilai skuat Brasil waktu itu sebagai tim terhebat sepanjang masa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA