Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Masjid Jamia Pusat Rizvia Promosikan Islam Lewat Open Day

Senin 10 Feb 2020 23:57 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nashih Nashrullah

Umat muslim membaca Alquran atau tadarusan di sebuah masjid. (ilustrasi)

Umat muslim membaca Alquran atau tadarusan di sebuah masjid. (ilustrasi)

Foto: Antara/Jojon
Kegiatan open house upaya mengenalkan Islam ke masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, BURTON – Masjid Jamia Pusat Rizvia, di Jalan Uxbridge, Burton, mengadakan hari terbuka (open day), mengundang anak-anak dari sekolah dan orang-orang dari organisasi di kota untuk berkeliling gedung dan mempelajari tentang Islam.

Baca Juga

Lebih dari 100 orang berpartisipasi dalam acara ini. Masjid ini buka setiap hari untuk shalat lima waktu dan dapat melayani lebih dari 350 orang sekaligus dan digunakan ratusan Muslim dari Burton setiap hari.

Hari terbuka adalah gagasan dari imam baru masjid, Attiq Hussain, yang berpikir itu juga akan menjadi kesempatan untuk memperkenalkan dirinya kepada masyarakat. Ini adalah pertama kalinya acara seperti ini diadakan di masjid.

Orang-orang yang berkunjung pada hari Rabu (5/2) mendapat kesempatan untuk menyaksikan sesi sholat dan bahkan melihat kamar jenazah masjid, di mana jenazah diletakkan sebelum dimakamkan.

Hari terbuka dibagi menjadi empat bagian, dengan tur umum ke masjid ketika pengunjung diperlihatkan ruang sholat utama, di mana lebih dari 100 orang dapat shalat dalam satu waktu.

Mereka juga diberi ceramah oleh ketua wali amanat Masjid, Mohammed Haroon dan melihat pameran buku-buku agama, termasuk Alquran yang digunakan oleh Imam selama shalat.

Bangunan itu adalah bekas sekolah dasar yang diubah menjadi masjid pada 1980-an.

Pengunjung juga dapat melihat pakaian tradisional yang dikenakan oleh umat Islam, termasuk thobes, yang dipakai pria untuk berdoa dan hijab yang dikenakan oleh para wanita.

Mereka juga mendapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang apa yang terjadi di masjid setelah tur mereka.

Hussain, yang telah bergabung dengan masjid Burton dari salah satu di Oldham, mengatakan bahwa dia ingin memperkenalkan diri kepada komunitas Burton yang lebih luas dan membuat semua orang menyadari bahwa masjid adalah rumah Tuhan dan semua orang disambut.

 

"Saya harap orang-orang datang dari acara ini dengan perasaan seperti mereka telah mempelajari sesuatu yang baru dan menyadari bahwa mereka disambut di masjid tanpa memandang keyakinan mereka," kata Hussain dilansir Derbyshire, Sabtu (8/2).

Acara terbuka malam dimulai dengan pidato dari Ketua Wali Amanat M  Haroon, yang diikuti qari Raza Mustafa, membaca ayat-ayat dari Alquran untuk memberikan pengunjung rasa apa yang terjadi selama shalat. 

"Imam masjid dan dewan perwalian ingin bekerja dengan masyarakat dan memutuskan untuk menjadi tuan rumah di hari terbuka," kata Haroon, ketua wali amanat dari Burton.

Menurut Haroon, banyak orang yang kurang memahami arti sebenarnya dari Islam dan dengan memiliki acara seperti ini orang dapat melihat bahwa masjid adalah tempat kedamaian dan cinta.

"Sungguh luar biasa melihat begitu banyak orang datang dan mengunjungi masjid, kami memiliki para pemimpin agama lain yang hadir, jadi ini akan membantu membangun hubungan antaragama.

"Melihat orang-orang bertemu satu sama lain, mengajukan pertanyaan dan mendengarkan Alquran dan menunjukkan minat adalah hal yang sangat penting dan ini mudah-mudahan akan membantu membuat jip komunitas bersatu."

Masjid Jamia Pusat Rizvia terdiri dari dua ruang sholat utama dan lima ruangan lain yang digunakan untuk kegiatan, seperti lokakarya pemuda tentang penanganan masalah sosial dan pelajaran bahasa Arab.

Pengunjung diperlihatkan di sekitar masjid oleh sukarelawan, yang menjelaskan kepada mereka untuk apa setiap ruangan digunakan. Para tamu dilayani minuman, termasuk makanan ringan Asia populer dan teh Pakistan dan Kashmir.

Wanita yang menggunakan masjid menutupi kepala mereka dengan hijab sebagai tanda penghormatan ketika mereka berada di dalam gedung, yang dilakukan oleh banyak pengunjung wanita untuk menunjukkan rasa hormat mereka.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA