Selasa 11 Feb 2020 01:40 WIB

Penyaluran Dana BOS Naik 6,03 Persen Mulai 2020

Dana BOS tahun lalu mencapai Rp 54,32 triliun dan tahun ini

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati  (ilustrasi)
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan mulai tahun 2020 penyaluran dana BOS mencapai Rp 54,32 triliun. Angka itu meningkat 6,03 persen dari tahun 2019 yang mencapai Rp 49 triliun.

"Dengan peningkatan dana BOS ini maka dana yang disalurkan ke anak sekolah juga meningkat. Dana ini akan langsung ditransfer atau dikirim ke rekening sekolah masih-masing," terang Sri Mulyani.

Baca Juga

Dengan peningkatan alokasi anggaran tersebut, maka satuan BOS per satu peserta didik untuk jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) mengalami peningkatan sebesar Rp 100 ribu per peserta didik.

Untuk SD yang sebelumnya Rp 800 ribu per siswa per tahun, sekarang menjadi Rp 900 ribu per siswa per tahun. Begitu juga untuk SMP dan SMA masing-masing naik menjadi Rp 1,1 juta dan Rp 1,5 juta per siswa per tahun. Untuk SMK yang sebelumnya Rp 1,4 juta menjadi Rp 1,6 juta per siswa. SMK dengan kekhususan atau pendidikan khusus sebesar Rp 2 juta per siswa.

Untuk penyaluran dana BOS tahun 2020 langsung ke rekening sekolah. Penyaluran dilakukan tiga tahap yakni 30 persen pada tahap awal, 40 persen tahap kedua, dan 30 persen tahap ketiga.

Untuk tahap pertama, akan dicairkan pada Januari. Tahap kedua pada April, dan tahap ketiga paling cepat September. Untuk tahap ketiga, harus ada rekomendasi dari Kemendikbud baru bisa dicairkan.

 

 

TAKE

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement