Senin 10 Feb 2020 17:34 WIB

Replika Mobil Mercy Pertama Masuk Museum Nasional

Mercy donasikan replika Benz Patent-Motorwagen ke Museum Nasional.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah
Mercy donasikan replika Benz Patent-Motorwagen ke Museum Nasional.
Foto: Dok. mercedes benz
Mercy donasikan replika Benz Patent-Motorwagen ke Museum Nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun ini, Mercedes-Benz (Mercy) merayakan 50 tahun kehadiranya di Indonesia. Salah satu rangkaian perayaan itu dilakukan dengan donasi replika mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen ke Museum Nasional Indonesia.

Presiden Direktur, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk Jun mengatakan, donasi ini dilakukan sebagai simbol kontribusi terhadap industri otomotif di Indonesia. Hal ini sekaligus menekankan bahwa Mercedes-Benz telah memainkan peran penting dalam sejarah mobilitas di Indonesia

Baca Juga

“Karena mobil pertama yang hadir di Indonesia adalah Benz,” kata Choi Duk Jun dalam keterangan pers kepada republikaco.id pada Senin (10/2).

Dengan donasi yang dilakukan pada Sabtu (8/2) ini, lanjut dia, Mercy sekaligus mendukung Museum Nasional Indonesia dalam menjalankan misinya untuk memberi edukasi mengenai wilayah Indonesia dan sejarahnya. Mercy pun bangga untuk merayakan 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia dengan berkontribusi pada museum dan upayanya dalam bidang pendidikan dan transportasi.

Soal mobil pertama di dunia, sejarah itu bermula pada 29 Januari 1886. Saat itu, Carl Benz mengajukan paten kendaraan bermotor roda tiga yang diciptakannya untuk pertama kali di Berlin.

Sejak saat itu, hari bersejarah ini ditetapkan secara resmi sebagai hari kelahiran sebuah mobil.  Sebagai sebuah mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen telah menjadi simbol kepioniran dari semangat kesempurnaan.

Pada waktunya, kendaraan bermotor roda tiga ini menunjukkan bahwa mobilitas telah mencapai era yang baru. Tenaga Benz Patent-Motorwagen sendiri bersumber dari mesin 954 cc satu silinder empat langkah.

Desain kendaraan ini sudah memiliki beberapa fitur utama yang ditemukan di sebagian besar mesin pembakaran internal saat ini, termasuk kruk as (crankshaft) dengan penyeimbang, pengapian listrik dan pendingin air. Unit ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 0,55 kW pada putaran 400 rpm.

Pada standar saat itu, mesin tersebut sangatlah ringan dengan berat sekitar 100 kilogram. Pada masa itu, Benz Patent-Motorwagen mencatat konsumsi bahan bakar sekitar 1 liter untuk setiap 10 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement