Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Kaka Anggap Messi Bisa Beradaptasi di Liga Inggris

Senin 10 Feb 2020 15:23 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto

Bintang Barcelona Lionel Messi.

Bintang Barcelona Lionel Messi.

Foto: Sergio Perez/Reuters
Kaka merasa kemampuan dan pengalaman Messi memudahkannya berkarier di mana saja.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Legenda sepak bola Brasil, Ricardo Izecson Dos Santos Leite atau akrab disapa Kaka, menganggap Lionel Messi tak akan kesulitan jika melanjutkan karier di Liga Primer Inggris. Kaka merasa kemampuan dan pengalaman Messi memudahkannya berkarier di mana saja.

Kabar kepergian Messi dari Nou Camp mencuat baru-baru ini. Hal itu menyusul ketidakharmonisan hubungan dengan Direktur Olahraga Barca sekaligus mantan rekan setimnya, Eric Abidal. Sejumlah klub mulai ancang-ancang mendapatkan jasa menantu Diego Maradona itu. Manchester City dikabarkan jadi salah-satu yang getol memantau Messi.

"Saya pikir Messi bisa bermain di klub lain. Tentu bukan masalah baginya di Liga Primer atau klub top di tiga liga terbaik lainnya di dunia," kata Kaka dilansir dari Sky Sport pada Senin (10/2).

photo
Ricardo Kaka

Hanya saja, mantan pemain AC Milan tersebut merasa sulit menyaksikan Messi berkarier di klub lain. Messi menghabiskan 19 tahun kariernya berseragam La Blaugrana sejak jenjang akademi sampai menjadi pesepak bola terbaik dunia.

"Ini tergantung apa yang diinginkan bagi kelanjutan kariernya. Tapi memang sulit melihatnya di klub lain," ucap Kaka.

Kaka menilai, jika Messi memutuskan hengkang, pasti telah dipertimbangkan matang. Salah satu alasan kepergian Messi bisa karena ingin mencari tantangan baru.

"Suatu hari ia mungkin mengatakan iya (untuk pindah). Baginya itu adalah waktunya berubah dan mencari pengalaman baru. Ia ingin jadi pemain terbaik dunia di klub lain," jelas pemenang Ballon d'Or (Pemain Terbaik Dunia) 2007 tersebut.

Namun keputusan akhir penjualan Messi tetap berada di tangan Abidal. Kaka enggan berspekulasi lebih lanjut soal kepastian penjualan Messi di akhir musim ini. "Dari luar sulit menilai sesuatu yang Anda tidak tahu. Saya tidak tahu apakah Messi ingin pergi atau tidak. Abidal yang punya tanggung jawab untuk itu," tegas Kaka.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA