Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Fahira Minta Dubes China Paham Alasan Penghentian Impor

Kamis 06 Feb 2020 12:22 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Senator Jakarta Fahira Idris meminta Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian memahami kebijakan Pemerintah Indonesia.

Senator Jakarta Fahira Idris meminta Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian memahami kebijakan Pemerintah Indonesia.

Fahira mengatakan keputusan penutupan penerbangan hanya sementara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPD RI Fahira Idris mendukung langkah sigap Pemerintah yang menghentikan sementara semua penerbangan dari dan ke semua wilayah China serta menerapkan larangan impor hewan hidup dari China termasuk produk pertanian dan beberapa produk lainnya menyusul persebaran Virus Corona. Senator Jakarta ini meminta Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian memahami kebijakan Pemerintah Indonesia.

Kebijakan ini harus ditempuh, karena selain manusia, hewan dianggap makhluk hidup yang berpotensi menyebarkan virus yang berasal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China itu. Tidak hanya itu, kebijakan ini harus diterapkan mengingat Badan Kesehatan Dunia PBB, WHO, menyatakan darurat internasional terkait wabah virus corona yang mematikan.

“Ini kan (penutupan penerbangan dan larangan impor) sifatnya hanya sementara sampai Pemerintah China mampu mengatasi virus corona dan keadaan di China kembali normal. Sebagai bangsa berdaulat, Indonesia punya hak mengambil kebijakan untuk melindungi bangsa dan rakyatnya,” tukas Fahira Idris, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (5/2).

Fahira mengungkapkan, jika Pemerintah China menganggap Indonesia negara sahabat, harusnya memahami dan menghormati keputusan yang diambil para pengambil kebijakan di negeri ini. Indonesia juga harus mengorbankan geliat ekonomi dan perdagangannya yang saat ini begitu dinamis dengan China, tetapi langkah ini harus ditempuh karena kondisinya memaksa.

“Sekali lagi, pemerintah China harus paham, bahwa semua kebijakan penghentian ini hanya sementara. Indonesia juga mengerti pemerintah China pasti kecewa, tetapi kebijakan ini harus diambil dan rakyat Indonesia mendukung. Mudah-mudahan bencana virus corona segera berakhir sehingga hubungan ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan China kembali berjalan dinamis,” pungkas Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI ini.

Sebagai informasi, keputusan Pemerintah RI menyetop impor sejumlah produk dari China dan penghentian penerbangan dari dan ke seluruh wilayah China pasca merebaknya virus corona, mendapatkan respons dari Kedubes China untuk Indonesia. Duta Besar China Untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan kebijakan Indonesia di bidang perdagangan itu akan berdampak negatif bagi hubungan kedua negara. Dia pun mengaku prihatin dengan rencana pemerintah Indonesia tersebut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler