Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Doa Bila Ada yang Menakutkan dalam Tidur

Kamis 06 Feb 2020 08:15 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Doa Bila Ada yang Menakutkan dalam Tidur.

Doa Bila Ada yang Menakutkan dalam Tidur.

Foto: Pixabay
Sebelum memejamkan mata, perhatikan adab sebelum tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mayoritas orang pasti pernah merasakan takut apabila memejamkan mata ketika tidur. Hal-hal buruk sesungguhnya dapat ditemui tak hanya di dunia nyata, namun juga di alam tidur.

Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni disebutkan, terdapat doa yang dianjurkan apabila seseorang mengalami suatu hal yang buruk dalam tidur atau di dalam tidurnya terdapat hal yang buruk. Adapun doa ini berasal dari hadis yang diriwayatkan Iman Abu Dawud dan Imam Tirmidzi.

Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ: مِنْ غَضَبِهِ، وَعِقَابِهِ، وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ، وَأَنْ يَحْضُرُونِ  

"Audzu bikalimatiahittamati, min ghadhabihi wa iqabihi, wa syarri ibadihi wa min hamazati as-syayatini wa an yahdhuruni."

Yang artinya: "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan, siksaan dan kejahatan hamba-hamba-Nya, dan dari godaan setan serta jangan sampai mereka (syetan) hadir (ke hadapanku)."

Bacalah doa ini apabila hal buruk menimpa di saat tidur. Jangan lupa membarenginya dengan lebih dulu mengucapkan bismillah agar segala apa yang kita ucapkan benar-benar diridhai dan juga diberkahi Allah SWT.

Dan jangan lupa, sebelum tidur sebaiknya perbaiki adab-adab tidur agar terjaga dari hal-hal buruk. Seperti membersihkan tubuh terlebih dahulu seperti mencuci kaki, wajah, dan tangan. Jangan lupa juga untuk berwudhu agar senantiasa berada dalam kesucian di beberapa waktu tertentu.

Dan yang terpenting, bacalah doa hendak tidur paling dasar berbunyi:

باسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ  

"Bismika allahumma ahya wa bismika amut."

Jika belum terlalu lelah, ada baiknya menyempatkan diri membaca beberapa ayat Alquran dan menghafalkannya jika mungkin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA