Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Tips Berhemat Ala Pengusaha

Kamis 06 Feb 2020 06:04 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Ada cara yang bisa dilakukan para pengusaha untuk tetap hemat (Foto: pengusaha)

Ada cara yang bisa dilakukan para pengusaha untuk tetap hemat (Foto: pengusaha)

Foto: Pikrepo
Ada cara yang bisa dilakukan para pengusaha untuk tetap hemat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat memulai sebuah bisnis, seorang pengusaha akan melakukan berbagai cara untuk berhemat demi membuat usahanya terus tumbuh dan berkembang. Karena itu, pengorbanan harus dilakukan, termasuk untuk hal-hal yang bersifat kepentingan pribadi.

Dilansir Enterpreneur, Kamis (6/2), sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan para pengusaha untuk tetap hemat, namun tidak perlu hingga mengorbankan kebahagiaan mereka. Berkut beberapa hal yang bisa dilakukan:

Baca Juga

Kurangi makan di luar

Makan di luar rumah tidak selalu menyenangkan. Selain belum tentu terjamin kehigienisan serta nutrisinya, akan ada banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Lebih baik untuk memilih layanan berlangganan uang dapat menghemat waktu dan uang dengan mengirimkan makanan organik ke mana Anda berada. Sebagai contoh catering sehat Sun Basket, yang makanannya terbuat dari bahan-bahan aman dan disetujui oleh para ahli diet.

Selain itu, siapkan makanan spesial di akhir pekan. Anda bisa mencoba merencanakan apa saja yang bisa dibuat dan berbelanja lebih awal agar memudahkan proses memasak.

Tak jadi anggota pusat kebugaran

Kebugaran menjadi hal yang penting diperhatikan, termasuk bagi pengusaha yang memiliki banyak aktivitas. Namun, agar dapat berhemat, lebih baik untuk tidak mengikuti kelas maupun keanggotaan di tempat gym, karena ini mengharuskan Anda membayar setidaknya 50 dolar AS per bulan.

Gunakan Tonal, sebuah sistem kebugaran yang memungkinkan Anda berolahraga di rumah sambil dapat memberikan akses ke pelatih pribadi virtual. Anda tidak hanya akan menghemat biaya, namun juga dapat memiliki pengalaman berolahraga yang lebih personal.

photo
Pengusaha (Ilustrasi)

Renegosiasi tagihan berulang

Setiap orang memiliki tagihan rutin. Dengan Truebill, Anda dapat menghubungkan tagihan berulang dan negosiator ahli mereka akan menunjukkan sejumlah diskon tersembunyi serta tarif promo yang tersedia untuk Anda. Dari sana, tarif bulanan yang lebih rendah juga dapat ditemukan.

Buat tabungan otomatis

Saat sedang berhemat, sangat penting untuk tidak mengabaikan tabungan. Terdapat aplikasi seperti Acorns yang membuat tabungan Anda aman dalam jangka panjang, dengan cara menghubungkan ke akun yang Anda pilih dan mengumpulkan perbedaan antara setiap dolar yang Anda belanjakan, menyimpan perbedaan dalam akun investasi yang dipersonalisasi. Ini adalah rekening tabungan yang merangkap sebagai portofolio investasi, memberikan keuntungan yang lebih signifikan.

Mengurangi biaya energi

Biaya energi, terutama saat Anda menyewa ruangan kantor bisa menjadi sangat tinggi bagi pengusaha. Menghemat uang dn membantu lingkungan secara bersamaan dengan berinvestasi bola lampu LED bisa dilakukan karena ini bisa membantu Anda menghemat hingga 85 persen tagihan listrik dan bertahan hingga 18 tahun tanpa perlu perubahan.

Buat kopi sendiri

Jika Anda membeli kopi setiap pagi untuk memulai aktivitas, yang per cangkir bisa seharga 4 dolar AS, maka itu akan menambah pengeluaran hingga 80 dolar AS per bulan. Ini seperti pembayaran asuransi tambahan untuk mobil.

Cara untuk berhemat yang bisa dilakukan adalah membuat kopi sendiri. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Trade untuk membantu menemukan preferensi selera, serta infromasi biji kopi yang menggugah selera dari seluruh dunia.

Bersepeda ke kantor

Mengendarai sepeda membuat Anda akan berhemat dibandingkan mengeluarkan biaya untuk mengisi bensin. Selain itu, hal ini juga ramah lingkungan dan bonus kebugaran untuk tubuh.

Minum lebih banyak air

Lebih banyak air mineral yang Anda minum setiap hari dapat menggemat pengeluaran. Selain merasa terhidrasi, ini akan meredakan keinginan untuk mengkonsumsi makanan berelbih, sert jenis minuman manis atau yang berkalori lainnya.

Merawat gigi

Merawat gigi adalah sebuah investasi, karena Anda tidak pernah tahu kapan harus melakukan perjalanan yang menyakitkan dan mahal ke dokter gigi. Biaya pengobatan gigi dan mulut bisa sangat mahal.

Olahraga

Menjaga diri dengan rajin berolahraga dan kegiatan fisik lainnya penting dilakukan. Seperti berjalanan kaki, memberikan Anda cara sehat untuk menjernihkan pikiran, meningkatkan kondisi fisik, dan mencegah kelelahan.

Ketika Anda merasa lelah dan tidak termotivasi, Anda tidak dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Ini juga mengartikan bahwa bisnis yang sedang dijalankan tidak dapat tumbuh dengan pesat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA