Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Rumah Sakit Binaan UMM di Sumbawa Siap Naik Kelas

Rabu 05 Feb 2020 18:25 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani

RS PKU Muhammadiyah

RS PKU Muhammadiyah

Foto: Republika.
Rumah Sakit Surya Medika diyakini dapat memperoleh akreditasi Paripurna

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Tim surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melakukan pengecekan dan pendampingan untuk menguji kelayakan dan standar layanan Rumah Sakit Surya Medika PKU Muhammadiyah Sumbawa pada 5-7 Februari 2020. Untuk pertama kalinya, rumah sakit di bawah pengelolaan langsung Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini, diakreditasi untuk menguji kelayakan sebelum beranjak ke status akreditasi sebagai rumah sakit berpredikat Paripurna.

Direktur Rumah Sakit Surya Medika Sumbawa dr. Yogi Triatmakusuma menjelaskan, layanan kesehatan masyarakat yang sebelumnya berbentuk klinik, setahun terakhir sudah menjadi rumah sakit. Yogi optimistis Rumah Sakit Surya Medika dapat memperoleh akreditasi Paripurna. UMM pun mendukung penuh dengan memberikan pendampingan khusus dari tim medis Rumah Sakit UMM di Malang, Jawa Timur.

"Dari segala prasyarat yang dibutuhkan untuk mengemban predikat sebagai rumah sakit Paripurna, Rumah Sakit Surya Medika Sumbawa sudah memenuhi segala aspek," kata Yogi melalui siaran persnya, Rabu (5/2).

Bahkan, kata dia, sejak dilaunching pada 2019, rumah sakit ini menjadi yang pertama kali memiliki layanan USG atau ultrasonografi di Sumbawa. Selain itu, rumah sakit ini juga mengunggulkan layanan check up terintegrasi dalam satu paket. Fasilitas alat operasi mata juga sudah sangat memadai dan tergolong paling baru dan canggih.

Yogi menjelaskan, moto dari rumah sakit yang sudah memiliki 13 poli ini yakni “Pengalaman Terbaik Anda”. Yogi menjelaskan, selama ini banyak pasien yang datang ke rumah sakit, yang kadang-kadang kebanyakan mendapatkan pengalaman yang tidak berkesan.

“Nah, di RS Surya Medika Sumbawa ini kami ingin memberikan layanan yang memberikan kesan positif. Artinya, ketika masuk ke rumah sakit dalam keadaan sakit dan pulang dalam keadaan sehat yang berkesan positif,” kata Yogi.

Wakil Rektor II UMM Dr. Nazaruddin Malik, M.Si menjelaskan, Rumah Sakit Surya Medika Sumbawa adalah milik Persyarikatan Muhammadiyah. Namun dalam hal pengelolaannya secara, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menunjuk langsung UMM bersama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sumbawa.

“Apapun hasil penilaiannya nanti harus diterima sebagai motivasi untuk terus memberikan yang terbaik,” kata Nazaruddin.

Dalam proses pembangunannya, rumah sakit ini juga berbasis pada keikhlasan para donatur yang telah merelakan sebagian hartanya untuk diwakafkan demi terwujudnya fasilitas kesehatan milik umat. Sehingga hajat untuk membuka akses layanan kesehatan bagi masyarakat tak mampu, dapat terus dijaga.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA