Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Si Moba Maksimalkan Peran Masyarakat Perkuat Literasi

Senin 03 Feb 2020 20:13 WIB

Red: Agung Sasongko

 Si MoBa merupakan perpustakaan keliling yang menjangkau perpustakaan dan manfaat program Gemari Baca yang digaungkan JSI.

Si MoBa merupakan perpustakaan keliling yang menjangkau perpustakaan dan manfaat program Gemari Baca yang digaungkan JSI.

Foto: Dok Dompet Dhuafa Pendidikan.
Si MoBa merupakan perpustakaan keliling yang menjangkau perpustakaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa Pendidikan melalui Jaringan Sekolah Indonesia (JSI) menginisasi program Si MoBa (Si Mobil Baca).  Si MoBa merupakan perpustakaan keliling yang menjangkau perpustakaan dan manfaat program Gemari Baca yang digaungkan JSI.

“Seperti yang kita ketahui jika hasil riset bukan satu-satunya tolak ukur, wajah pendidikan masih bisa kita ubah melalui ragam cara dengan perspektif berbeda salah satunya dengan Si MoBa. Si MoBa merupakan jawaban untuk mengatasi rendahnya kemampuan literasi masyarakat Indonesia,” ujar Muhammad Iqbal, Punggawa Si MoBa.

Si MoBa akan menjangkau masyarakat di titik yang berdekatan dengan Taman Baca Masyarakat (TBM) dan sekolah pendampingan perpustakaan Gemari Baca Dompet Dhuafa Pendidikan, sehingga manfaat program bisa berdampak berkesinambungan (multiplier effect). 

“Program ini diharapkan menjadi alternatif upaya dan solusi peningkatan kualitas literasi di masyarakat, hanya saja tanpa adanya peran aktif masyarakat maka akan sulit mengenalkan kecintaan akan literasi. Karena itulah Si MoBa membuka kesempatan menjadi relawan Teman Si MoBa agar masyakarat bisa berkontribusi dalam pemasifan literasi,” tutur Iqbal

Relawan Teman Si MoBa adalah SDM yang direkrut secara khusus untuk melakukan aktivitas program Si MoBa di wilayah yang menjadi target program Si MoBa. Relawan Si MoBa merupakan masyarakat umum, penerima manfaat program Dompet Dhuafa Pendidikan, pegiat literasi, profesional, dan mereka yang tertarik mengadakan aktivitas Si MoBa di Wilayahnya.

Sebanyak dua puluh relawan Teman Si MoBa telah terpilih dari Depok, Bogor, Bandung, dan Cirebon siap meggawangi program Si MoBa secara berkesinambungan. Pada Ahad (02/02) para relawan mengikuti Inkubasi Teman Si MoBa yang dilaksanakan di Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa Pendidikan, Bogor, Jawa Barat. Selama dua hari ke depan para relawan akan diberikan pemahaman seputar Si MoBa.

“Bukan hanya memberikan pemahaman tentang Si MoBa, kami juga akan menguatkan para relawan dengan materi Fun Reading Activity (FRA) dan Fun Literacy Activity (FLA) agar pendekatan kepada anak-anak serta masyarakat bisa maksimal. Di Inkubasi ini kami pun akan menggembleng Teman Si MoBa supaya bisa melakukan asesmen terbaik sehingga bisa membuat rencana serta strategi jitu  agar keterlibatan masyarakat lebih luas,” papar Iqbal.

Si Moba akan berkeliling ke 22 titik di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat dengan menyasar sekolah dan masyarakat daerah marginal. Kehadiran Si MoBa di tengah-tengah masyarakat diyakini menjadi sarana pendidikan menyenangkan serta edukasi serta rekreasi berbasis literasi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA