Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Oke Oce dan TDA Diharapkan Ciptakan Jutaan Lapangan Kerja

Ahad 02 Feb 2020 06:15 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Tokoh entrepreneur nasional Sandiaga Salahuddin Uno. Oke Oce dan Komunitas Tangan di Atas berkolaborasi di Pesta Wirausaha Jatim 2020

Tokoh entrepreneur nasional Sandiaga Salahuddin Uno. Oke Oce dan Komunitas Tangan di Atas berkolaborasi di Pesta Wirausaha Jatim 2020

Foto: Istimewa
Oke Oce dan Komunitas Tangan di Atas berkolaborasi di Pesta Wirausaha Jatim 2020

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pengusaha Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran besar membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja, dan menyerap banyak tenaga kerja. Maka dari itu, Sandi lewat Oke Oce, berkolaborasi dengan komunitas bisnis Tangan di Atas (TDA) terus berusaha meningkatkan kelas pelaku UMKM. Targetnya, bisa menciptakan jutaan lapangan kerja baru.

"Oke Oce sudah memiliki peserta lebih dari 150 ribu, dan TDA yang anggotanya jumlahnya sekitar 30 ribu ini, bisa berkolaborasi. Harapan kita mencetak 2 juta lapangan kerja baru sampe dengan 2024," ujar Sandi saat menghadiri Pesta Wirausaha wilayah Jatim 2020, di Surabaya, Sabtu (1/2).

Sandi mengaku, Oke Oce yang digagasnya sering berkolaborasi dengan komunitas bisnis TDA, dalam upaya mencetak wirausahawan baru. Apalagi keduanya memiliki misi yang sama, yakni gerakan penciptaan lapangan kerja berbasis kewirausahaan. Tidak hanya mencetak wirausahawan baru, tetapi keduanya juga diakui terus berupaya meningkatkan kelas para pelaku UMKM tersebut.

"Jadi ini adalah ikhtiar tanpa lelahnya untuk terus menebar virus kewirausahaan entrepreneurship dan semangat membangun ekonomi rakyat. Salah satunya dengan menggelar pesta wirausaha," ujar Sandi.

Presiden komunitas bisnis Tangan di Atas Dony Kris Puriono mengatakan, Pesta Wirausaha yang digelar di Surabaya merupakan yang ke-12 kalinya digelar. Diakuinya, ada sebanyak 1.200 peserta, baik itu wirausahawan ataupun calon wirausahawan, dari seluruh wilayah Indonesia yang hadir dalam kegiatan dua tahunan tersebut.

"Dengan mengangkat tema #WeEmpower, kami ingin mengajak pengunjung untuk melihat sesuatu dari berbagai sisi dan berbagai perspektif. Dari secuil aksi yang mampu memberdayakan diri sendiri serta memberdayakan sekitar, guna memberikan dampak yang positif bagi peradaban," ujar Dony.

Dony melanjutkan, pada Pesta Wirausaha Jawa Timur 2020 ini, konsep yang dibuat adalah Entrepreneurship, Community Movement, and Entertainment in One Experience. Diharapkan Pesta Wirausaha sebagai wadah titik temu antara pelaku usaha, pelaku industri kreatif, serta bermulanya kolaborasi antara berbagai komunitas, bisa memberikan dampak yang lebih luas lagi.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, pengusaha-pengusaha kecil bisa meningkatkan/ scale up bisnisnya menjadi besar serta yang sudah besar menjadi lebih besar," ujar Dony.

Dony mengaku, Pesta Wirausaha ini juga merupakan perwujudan dari visi TDA untuk menjadi komunitas wirausaha yang memiliki kontribusi positif bagi Indonesia. Dia pun berharap, dengan adanya kolaboraksi para stakeholder wirausaha, ABCGM (Akademisi, Bisnis, Community, Government, dan Media), maka iklim kewirausahaan di Indonesia bisa semakin kondusif dan wirausaha semakin maju.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA