Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

DPR Dukung Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji Jawa Barat

Sabtu 01 Feb 2020 12:48 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Foto: Kemenag
Pemerintah Daerah setempat akan dilibatkan dalam pembangunan Bandara Kertajati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendukung penuh Bandara Kertajati menjadi Embarkasi Haji pada musim haji tahun ini. Hal ini diungkapkan saat Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI melakukan kunjungan ke Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Majalengka, Jumat (31/1) kemarin.

Ketua Tim yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Mukhlas Siddiq, mengatakan akan berjanji melibatkan Pemerintah Daerah setempat dalam pembangunan Bandara Kertajati ini. Selain itu pihaknya juga akan membantu perekonomian masyarakat sekitar.

Hal ini disampaikan Mukhlas dalam menanggapi pernyataan Wakil Bupati Majalengka yang mengatakan pihaknya tidak pernah dilibatkan oleh pemerintah pusat dalam pembangunan Bandara Kertajati.

"Kami akan terus melibatkan Pemda, kami akan mendukung pembangunan seperti rumah sakit dan hotel di daerah Bandara Kertajati ini," kata Mukhlas dalam keterangan yang didapat Republika, Sabtu (1/2).

Di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana berharap dengan dibangunnya Bandara Kertajati ini Pemerintah Pusat bersama dengan DPR RI dapat membangkitkan pembangunan dan perekonomian di Kabupaten Majalengka.

"Dengan adanya bandara ini, pemerintah daerah berharap besar bisa mengangkat pembangunan di Kabupaten Majalengka. Akhirnya intinya adalah untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Majalengka dalam hal haji dan umrah," ucap Tarsono.

Hal senada juga dikatakan Gubernur Jawa Barat yang diwakili Kepala Biro Pelayanan Bantuan Sosial, Ida Wahida Hidayati. Ida mengatakan Gubernur Jabar memohon dukungannya dari Komisi VIII DPR RI untuk kelancaran Bandara Kertajati sebagai bandara keberangkatan jemaah haji asal Jawa Barat.

"Satu pesan beliau mohon dukungan dari Komisi VIII untuk kelancaran Bandara Kertajati menjadi embarkasi haji keberangkatan jemaah haji Jawa Barat," ujar Ida.

Kunjungan dilanjutkan dengan survei kebeberapa tempat di bandara. Antara lain gerbang imigrasi internasional, garbarata, ruang tunggu internasional, runway, serta kedatangan internasional. Turut hadir mendampingi Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Muhajirin Yanis, Kasubdit Transportasi Udara dan Perlindungan Jemaah Nurchalis, Kasi Penyiapan Transportasi Udara Edayanti, serta Kasi Pelayanan Transportasi Udara Cecep Nursyamsi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA