Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Dasar Laut Jersey Simpan Rahasia Zaman Es

Jumat 31 Jan 2020 12:17 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Dwi Murdaningsih

Manusia Neanderthal

Manusia Neanderthal

Foto: abc
Ilmuwan cari tahu manusia purba Neanderthal dengan menggali dasar laut Jersey.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para arkeolog sedang merencanakan survei ke bagian dasar laut Jersey, Selat Inggris. Di lokasi ini, dulu pernah tinggal manusia purba Neanderthal.

Situs itu akan terlihat sebagian ketika air surut pada musim semi. Namun, saat air pasang akan memerlukan waktu empat jam untuk menggali ke dalamnya.

Alat-alat yang terbuat dari batu dan sisa-sisa mammoth, telah ditemukan oleh Violet Bank selama bertahun-tahun. Neanderthal diketahui telah mendiami wilayah itu (saat ini adalah Jersey) selama ratusan ribu tahun dulunya.

Violet Bank adalah jenis zona pantai yang dikenal sebagai terumbu intertidal. Zona ini berada di bawah air saat air pasang, namun akan berada sekitar 10 km persegi dasar laut saat air surut rendah.

Pada Mei 2020, tim akan menghabiskan satu pekan untuk tinggal di benteng lepas pantai yang dibangun pada abad ke-18. Mereka kemudian akan menggali di dasar laut selama tiga hingga empat jam sebelum daerah tersebut tergenang air.

Pemimpin penggalian dari Institute of Archaeology UCL, Dr Matt Pope mengatakan, Violet Bank adalah pemandangan yang sangat indah dan penting secara ilmiah. “Kita tahu ada catatan arkeologi Neanderthal, fauna yang punah seperti mammoth, dan monumen prasejarah yang lebih baru di luar sana menunggu untuk ditemukan dan didokumentasikan,” kata dia.

Upaya ini bertujuan untuk menemukan catatan perilaku manusia purba, wawasan tentang lingkungan purba, dan dapat menjelaskan perubahan iklim di masa lalu. Penggalian ini juga adalah usaha untuk memahami bagaimana orang menggunakan wilayah itu sebelum laut menutupinya sekitar 6.000 tahun yang lalu.

“Ini akan menjadi pekerjaan formal pertama yang dilakukan oleh tim kami. Kami telah melakukan kunjungan singkat ke zona ini sebelumnya. Sekarang kami harus menggali ke dalamnya serta mempelajarinta dalam waktu yang singkat,” ungkap Dr Matt Pope.

Neanderthal hidup di La Cotte de St Brelade antara 250 ribu dan 50 ribu tahun yang lalu. Beberapa peneliti percaya, kerabat evolusi mammoth yang sudah punah, membiarkan bangkai mereka disembelih di pantai di bawah. Jersey mungkin merupakan salah satu pos terdepan Neanderthal di Eropa barat laut.

“Pulau ini memiliki kisah Neanderthal yang luar biasa untuk diceritakan dan yang telah ditempatkan di peta internasional oleh situs kuno La Cotte de St Brelade, yang terletak di pantai barat daya Jersey. Kami berharap dapat melihat apa yang diungkapkan oleh survei baru dan inovatif ini,” tutur dia.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA