Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

NASA Gandeng Startup Bangun Wahana Ruang Angkasa

Rabu 29 Jan 2020 11:01 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

NASA Gandeng Startup Bangun Wahana Ruang Angkasa. (FOTO: NASA)

NASA Gandeng Startup Bangun Wahana Ruang Angkasa. (FOTO: NASA)

NASA telah memperpanjang layanan ISS untuk keperluan laboratorium orbital pribadi.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

wartaekonomi.co.id/tag14832/pt-ayana-land-international-tbk-nasa.html">NASA menggandeng perusahaan startup, Axiom Space untuk membangun modul habitat komersial pertama untuk International Space Station (ISS). Modul itu nantinya akan digunakan untuk misi luar angkasa komersial masa depan, percobaan perumahan yang potensial, pengembangan teknologi, dan sebagai wahana pesawat ruang angkasa untuk para pelancong ruang angkasa seperti SpaceX Crew Dragon dan Boeing Starliner.

Axiom Space adalah perusahaan digital rintisan di Houston yang didirikan pada 2016 dan dipimpin oleh salah satu pendiri dan CEO Michael T Suffredini, yang sebelumnya bertindak sebagai manajer program untuk ISS di Johnson Space Center NASA.

Perusahaan yang memiliki tim berasal dari para talenta NASA ini berencana membuat modul dalam-ruangnya menjadi basis stasiun ruang angkasa pribadinya sendiri. Sebelumnya modul dijalankan di stasiun ISS saat masih beroperasi. NASA telah memperpanjang layanan ISS untuk keperluan laboratorium orbital pribadi dan fasilitas komersial pengganti.

Baca Juga: Mengerikan Tapi Indah, NASA Abadikan Fenomena Badai Putih di Planet Jupiter

Pada 2018, Axiom bekerja sama dengan desainer Philippe Starck (terkenal sebagai perancang kapal pesiar mewah untuk pendiri Apple, Steve Jobs) untuk memberikan tampilan seperti apa modul stasiun ruang angkasa masa depan mereka, termasuk perempat awak dengan tampilan interaktif dan kubah yang memberikan pemandangan Bumi dan ruang sekitarnya yang menakjubkan.

Modul ISS ini mewujudkan tujuan NASA untuk lebih mengkomersialkan stasiun ruang angkasa yang ada, yang akhirnya membuka jalan bagi aktivitas komersial penerbangan luar angkasa di orbit rendah Bumi.

Axiom juga bertugas menyediakan setidaknya satu modul komersial yang layak huni, dan mungkin diberikan ekstensi untuk membangun lebih banyak di masa depan di luar angkasa.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA