Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Pilih Vendor 5G, Ini Pertimbangan Pemerintah

Rabu 29 Jan 2020 11:51 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Pilih Vendor 5G, Ini Pertimbangan Pemerintah. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Pilih Vendor 5G, Ini Pertimbangan Pemerintah. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Di Indonesia beberapa vendor 5G sudah melakukan uji coba.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Usai bertemunya Menteri Komunikasi dan Informatika wartaekonomi.co.id/tag6224/johnny-g-plate.html">Johnny Gerard Plate dengan Qualcomm, muncul wacana pengembangan teknologi 5G di Indonesia dengan Qualcomm. Johnny sendiri mengungkapkan beberapa faktor yang menjadi pertimbangan pemerintah dalam memilih vendor penyedia teknologi 5G.

Ada tiga faktor disebutkan oleh Menkominfo.

Baca Juga: HP Berjaringan 5G Ini Dijual Cuma RP3 Jutaan! Minat Beli? Begini Spesifikasinya

"Faktor yang pertama tentu pilihan teknologi. Itu tentu terkait dengan kebijakan-kebijakan atau arah keputusan teknologi yang akan kita tempuh," katanya di Gedung Kemenkominfo, Selasa (28/1/2020).

Yang kedua yakni meninjau dari segi ekonomi.

"Teknologi mana yang secara kompetitif lebih bermanfaat untuk Indonesia, apakah milih satu, apakah milih bauran dari beberapa teknologi provider-nya," lanjutnya.

Lalu peletakkan infrastruktur 5G juga menjadi pertimbangan penting.

"Dan yang ketiga, tentu kita harus memperhatikan letak dan posisi geostrategis karena 5G juga terkait dengan geostrategis," ungkapnya.

Di Indonesia beberapa vendor 5G sudah melakukan uji coba. Menurut Johnny, uji coba berlangsung baik. Minat investasi pun melekat pada vendor 5G seperti Huawei, ZTE, dan Qualcomm untuk menjadi penyokong infrastruktur 5G.

"Tentu akan bekerja sama (Qualcomm) dengan konsorsiumnya yang saat ini sedang melakukan trial juga di Indonesia, menunjukkan komitmennya dan tertarik untuk mengimplementasikan 5G di Indonesia. Teknologi 5G dari lainnya, baik itu Huawei atau ZTE, itu juga menunjukkan minatnya yang besar untuk investasi," pungkasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA