Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Bupati Berharap Baznas Landak Petakan Penyaluran Zakat

Selasa 28 Jan 2020 18:10 WIB

Red: Ani Nursalikah

Bupati Berharap Baznas Landak Petakan Penyaluran Zakat. Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas (ilustrasi)

Bupati Berharap Baznas Landak Petakan Penyaluran Zakat. Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas (ilustrasi)

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pemetaan diperlukan agar zakat lebih tepat sasaran.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Bupati Landak, Kalimantan Barat Karolin Margret Natasa mengharapkan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Landak periode 2017-2022 dapat membuat pemetaan terarah dalam menyalurkan zakat yang dihimpun dari masyarakat agar bisa lebih tepat sasaran.

"Saya harap dalam penyaluran zakat bisa selalu tepat sasaran. Peran Baznas sangat diperlukan untuk mengentaskan kesenjangan sosial, mewujudkan kebangkitan ekonomi kerakyatan dan untuk mendorong munculnya model terobosan dalam pengentasan kemiskinan," kata Karolin usai melantik pengurus Baznas Kabupaten Landak, Kalbar, Selasa (28/1).

Untuk itu, menurutnya, harus ada pemetaan yang terarah dalam proses pengumpulan dan penyaluran zakat tersebut agar dalam penyalurannya bisa lebih tepat sasaran dan memberikan manfaat bagi yang benar-benar membutuhkan. Karolin berharap para pengurus Baznas Kabupaten Landak yang telah dilantik ini dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Saya ucapkan selamat kepada para pengurus yang dilantik, semoga dapat mengemban amanat dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Landak," ujar Karolin.

Baznas merupakan lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional di semua tingkatan. Untuk itu, Bupati Landak berharap lembaga ini dapat bekerja sama dengan pemerintah mengawal pengelolaan zakat di kabupaten Landak agar mengelola zakat sesuai ketentuan yang berlaku.

"Baznas bersama pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas," kata Karolin.

Dalam hal ini, Karolin berpesan agar semua pengurus Baznas dapat memahami tugas dan fungsinya dan dapat saling bekerja sama. "Saya berpesan agar semua pengurus Baznas Landak dapat memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik, saling bekerja sama, jalin komunikasi dan koordinasi dengan baik bersama Pemerintah Kabupaten Landak," katanya.

Bersamaan dengan acara ini juga diserahkan bantuan beasiswa dan insentif guru ngaji dari Baznas oleh Bupati Landak. Adapun pengurus inti yang dilantik yaitu sebagai Ketua Wahidin Peni, wakil ketua I dijabat oleh Ahmad Fauzie, wakil ketua II dijabat oleh M. Tarmizi, wakil ketua III yaitu Beny Purwandi, dan wakil ketua IV dijabat oleh Effendi.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA