Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

PKB Siapkan Nama Pendamping Machfud Arifin di Pilkada

Selasa 28 Jan 2020 14:16 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani

Mantan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin (kanan)

Mantan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin (kanan)

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Nama pendamping Machfud Arifin harus berdasarkan kesepakatan partai yang berkoalisi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Anik Maslachah mengungkapkan telah menyiapkan nama yang akan mendampingi mantan Kapolda Jatim Irjen Pol. (Purn) Machfud Arifin pada Pilkada Surabaya 2020. Apalagi, PKB merupakan peraih suara terbanyak kedua setelah PDI Perjuangan pada Pileg Surabaya 2019.

Artinya, PKB merupakan partai peraih suara terbanyak pada Pileg Surabaya 2019, di antara koalisi lain yang sudah mebdeklarasikan dukung Machfud. Namun demikian, Anick menegaskan, calon wakil wali kota Surabaya yang nantinya mendampingi Machfud, harus berdasarkan kesepakatan partai yang berkoalisi.

"Lazimnya PKB mempunyai peluang yang lebih besar. PKB urutan kedua suara setelah PDI Perjuangan di Surabaya. Tapi tentu harus ada kata sepakat dengan empat partai pengusung lainnya (Gerindra, Demokrat, PAN, dan PPP)" ujar Anick, Selasa (28/1).

Anik menegaskan, PKB telah menyiapkan beberapa nama untuk mendampingi Machfud pada Pilwali Surabaya 2020. Bahkan, nama-nama tersebut dalam waktu dekat akan disodorkan ke koalisi partai dan Bacawali. Namun ia enggan memberikan bocoran nama tersebut.

"Saya tidak ingin mengatakan dulu siapa, dan berapa nama. Intinya siap," ujar Anick.

Anik hanya memastikan, semua nama yang akan disodorkan oleh PKB ialah kader internal. Wakil Ketua DPRD Jatim ini ingin mengedepankan kadernya terlebih dahulu untuk diusulkan ke Machfud. "Ada beberapa namalah kami upayakan dari internal. Tapi ya itu tadi harus disepakati partai pengusung," tambahnya.

Sekadar diketahui, dari lima partai politik yang sudah merapat ke Machfud Arifin, PKB menjadi yang terbanyak perolehan suara di Pileg 2019, dengan raihan 153.509 suara. Kemudian diikuti Partai Gerindra 128.016 suara, Partai Demokrat 119.783 suara, PAN 78.263 suara, dan PPP 56.242 suara. Meskipun secara kursi di DPRD Surabaya, PKB dan Partai Gerindra masing-masing lima kursi, Demokrat empat kursi, PAN tiga kursi, dan PPP satu kursi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA