Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Performa HP Melambat? Lakukan 6 Cara Tingkatkan Performa HP Ini!

Selasa 28 Jan 2020 12:35 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Performa HP Melambat? Lakukan 6 Cara Tingkatkan Performa HP Ini!. (FOTO: Priceprice)

Performa HP Melambat? Lakukan 6 Cara Tingkatkan Performa HP Ini!. (FOTO: Priceprice)

Mulai dari kualitas baterai yang menurun sehingga daya cepat habis.

Warta Ekonomi.co.id, Bogor

Kemampuan atau performa wartaekonomi.co.id/tag3546/smartphone.html">ponsel pintar bakal melambat setelah digunakan dalam waktu yang lama. Sejumlah faktor dapat memengaruhi hal tersebut.

Mulai dari kualitas baterai yang menurun sehingga daya cepat habis, terlalu banyak aplikasi di dalam ponsel yang membuat kapasitas memori tak cukup.

Nah, jika ponsel Anda mengalami penurunan performa karena faktor-faktor tersebut, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkan performa perangkat pintar Anda. Melansir TechRadar, Selasa (28/1/2020), berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Pastikan Sistem Operasi Sudah Diperbarui

Ponsel Android ataupun iOS akan mendapatkan pembaruan secara berkala dari pihak pengembang. Jika ada notifikasi pembaruan, jangan diabaikan, segera lakukan pembaruan.

Mengapa? Karena biasanya pembaruan bertujuan memperbaiki masalah atau bug yang menyebabkan performa ponsel menurun.

Pembaruan bisa dilakukan melalui Pengaturan, lalu klik Pembaruan Perangkat.

2. Perbarui Aplikasi

Sama seperti sistem operasi ponsel, aplikasi juga selalu menyertakan pembaruan untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur teranyar. Untuk itu, Anda perlu melakukan pembaruan secara berkala, sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pengembang.

3. Bersihkan Cache

Cache di aplikasi dapat memperlambat kinerja ponsel dan aplikasi itu sendiri. Untuk itu, perlu dilakukan pembersihan cache secara rutin.

Sejumlah aplikasi yang memuat cache dalam jumlah besar, yakni: peramban (browser), Instagram, dan Twitter.

4. Uninstall Aplikasi

Jika suatu aplikasi tak lagi Anda gunakan dalam kurun waktu yang lama, hapuslah pemasangan aplikasi itu guna mengurangi pemakaian ruang penyimpanan.

5. Pakai Aplikasi Versi Lite

Sejumlah aplikasi menyediakan model versi ringan (lite) yang dirancang untuk pengguna ponsel dengan kapasitas penyimpanan rendah. Beberapa aplikasi yang hadir dalam versi lite ialah: Facebook Lite, Messenger Lite, Google Maps Go, Gmail Go, Line Lite, Skype Lite, Youtube Go, dan Twitter Lite.

6. Reset Pabrik

Bila seluruh langkah sudah dilakukan, tetapi ponsle Anda masih lambat, sila lakukan reset pabrik (factory reset). Namun, perlu dicatat, langkah ini akan membuat Anda kehilangan data-data seperti gambar, foto, musik, dan sebagainya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA