Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Hari Ini, Rombongan Turis China Kunjungi Pesisir Selatan

Selasa 28 Jan 2020 08:01 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil

Hari Ini, Rombongan Turis China Kunjungi Pesisir Selatan. Foto: Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Sumbar Wilayah Kerja Bandara Internasional Minangkabau memantau penumpang internasional yang masuk ke BIM untuk mengantisipasi masuknya virus corona, Jumat (24/1).

Hari Ini, Rombongan Turis China Kunjungi Pesisir Selatan. Foto: Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Sumbar Wilayah Kerja Bandara Internasional Minangkabau memantau penumpang internasional yang masuk ke BIM untuk mengantisipasi masuknya virus corona, Jumat (24/1).

Foto: Republika/Febrian Fachri
Pemkab Pesisir Selatan akan mendampingi rombongan turis asal China.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Banyaknya arus penolakan kehadiran wisatawan asal Kunming, China di Sumatra Barat bukan berarti semua agenda yang telah dijadwalkan batal. Hari ini, Selasa (28/1) rombongan wisatawan dari Negeri Tirai Bambu itu akan melanjutkan perjalanan wisata ke Kabupaten Pesisir Selatan tepatnya di Kawasan Wisata Mandeh.

Kepala Bidang Pariwisata dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Yohendro Nasti, mengatakan pihaknya akan mendampingi kunjungan tersebut. "Agenda (rombongan wisatawan asal China) pada Selasa 28 Januari ke kawasan Mandeh," kata Yohendro, Senin (27/1).

Menurut Yohendro, sejak kemarin  sudah ada sebagian anggota rombongan yang datang dan berkeliling ke kawasan Mandeh sampai ke Pulau Setan. Jumlah yang sudah mulai berkunjung ke Kabupaten Pessel sekitar 40 orang.

40 orang tersebut menurut Yohendro tidak sampai menginap di Pessel. Usai berwisata, mereka kembali ke Kota Padang.

Yohendro memahami pro dan kontra di tengah masyarakat akan kedatangan wisatawan China tersebut. Tapi ia memastikan di Kabupaten Pesisir Selatan tidak ada aksi penolakan terhadap tamu yang dibawa oleh travel agent Marawa Tour & Travel ini.

"Masyarakat di Pesisir Selatan memang ada pro dan kontra. Tapi sampai sekarang alhamdulilah engga ada aksi penolakan dan kami memfasilitasi lokasi yang pas," ucap Yohendro.

Kedatangan wisatawan China ke Pessel dijadwalkan sekitar pukul 09.00 WIB. Belum ada kepastian sampai kapan mereka di Kabupaten Pesisir Selatan. Hari ini destinasi kunjungan para wisatawan ialah mengelilingi seluruh pulau di Mandeh. Yohendro memastikan para turis Cina tidak akan mendapat jamuan bersama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Yohendro memaklumi agenda kunjungan ini di saar isu virus corona yang berasal dari Cina sedang ramai jadi sorotan karena mudah menular dan telah menjatuhkan korban nyawa. Untuk langkah antisipasi, Pemkab Pessel telah menginstrukikan kepada dinas kesehatan agar siaga di lokasi yang akan dikunjungi wisatawan.

Yohendro menyebut Pemkab Pessel tetap melihat sisi positif dari kedatangan rombongan turis asal Cina ini ke daerah mereka. Di mana Pemkab berharap sektor pariwisata Pessel semakin dikenal di dunia internasional.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA