Senin 27 Jan 2020 12:42 WIB

Pencinta Motor KTM Gelar Fun Race di Sirkuit Sentul

Balapan dibagi dalam tiga kelas mulai dari kelas 200cc, 250 cc dan 390cc.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Pecinta motor KTM kembali menggelar balapan di Sirkuit Sentul.
Foto: republika/eric
Pecinta motor KTM kembali menggelar balapan di Sirkuit Sentul.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pecinta motor KTM kembali menggelar balapan di Sirkuit Sentul. Sejumlah penggemar KTM di Indonesia ingin membuktikan sendiri keandalan dari produk pabrikan asal Austria tersebut.

Untuk membuktikanya, gabungan dari sejumlah komunitas motor KTM di Jakarta dan sekitarnya pun menggelar fun race di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat yang dikemas dalam kegitan one make race (OMR) RCD. Sekretaris OMR RCD, Herman Suherman mengatakan, balapan ini diikuti oleh pengguna berbagai varian produk KTM seperti RC dan Duke.

Baca Juga

“Balapan dibagi dalam tiga kelas mulai dari kelas 200cc, 250 cc dan 390cc. Total ada delapan seri dan diikuti oleh 27 peserta,” kata Herman saat dijumpai dalam gelaran seri pertama OMR RCD di Sirkuit Sentul pada Ahad (26/1).

Rata-rata, peserta dalam balapan ini adalah pengendara KTM yang berusia 20 hingga 30 tahun. Selain itu, juga terdapat peserta yang masih berusia 17 tahun. Menurutnya, mayoritas adalah pengguna KTM yang menggunakan satu motor sekaligus untuk harian, touring dan balapan.

Tapi, ada juga beberapa peserta yang memang menyiapkan beberapa motor yang khusus digunakan untuk balapan. Ia juga mengatakan, beberapa ubahan pun dilakukan pada motor peserta agar dapat memberikan performa optimal.

Beberapa ubahan yang paling banyak dilakukan adalah penggantian exhaust system, pengaturan sistem komputerisasi bahan bakar dan porting polish pada jeroan ruang bakar.

“Setiap peserta memiliki bengkel langgananya masing-masing sehingga motor sudah dipersiapkan untuk dapat melaju secara optimal. Untuk teknik balap, ada beberapa peserta yang memiliki pengalaman di lintasan sehingga dapat sekaligus berbagi ilmu dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan, balapan ini merupakan agenda rutin yang telah digelar sejak 2018. Awalnya, kegiatan ini merupakan inisiatif dari para pecinta KTM. Kemudian, hal ini pun mulai didukung oleh KTM Indonesia mulai akhir tahun lalu.

Menurutnya, KTM memberikan dukungan lewat pemberian perlengkapan balap dan bantuan biaya pendaftaran yang besaranya mulai dari Rp 450 ribu hingga Rp 550 ribu per peserta.

Perwakilan KTM Indonesia, Effendy Hidayat mengatakan, dukungan ini diberikan demi dapat menunjang kegiatan pada pecinta motor KTM. Lewat dukungan ini, lanjutnya, KTM juga sekaligus ingin mengenalkan brand dan produk KTM kepada masyarakat.

"Produk KTM memang dirancang untuk balap. Lewat ajang balapan ini, maka ini juga sekaigus jadi ajang pembuktian bahwa produk KTM adalah produk yang ready to race,” ujar Effendy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement