Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

BMKG Ingatkan Jakarta Siaga Banjir

Ahad 26 Jan 2020 20:12 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Bayu Hermawan

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca di gedung BMKG, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca di gedung BMKG, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
BMKG ingatkan Jakarta dan beberapa daerah lain untuk mewaspadai banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat akan mengguyur beberapa wilayah hingga Senin (27/1) besok. BMKG mengimbau enam wilayah yang berada di Sumatera dan Jawa, termasuk DKI Jakarta untuk mewaspadai potensi terjadinya banjir dampak dari hujan lebat.

Kabid Diseminasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Djatmiko mengingatkan potensi dampak hujan lebat dapat terjadi di beberapa wilayah mulai 26 Januari 2020 pukul 07.00 WIB sampai dengan 27 Januari 2020 pukul 07.00 WIB. "Karena itu Sumatera Barat, Jambi, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah siaga," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (26/1).

Hary mengatakan, BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan mengguyur merata di semua wilayah Jakarta hingga Kepulauan Seribu hingga Selasa (28/1) besok.

"Kemudian Ahad malam hari ini diperkirakan hujan sedang disertai angin kencang dan petir diprediksi terjadi di Jakarta Pusat (Jakpus), Jaksel, Jaktim, dan Jakarta Barat (Jakbar)," katanya.

Kemudian dini hari nanti diperkirakan berawan dan hujan ringan di Jakarta Utara (Jakut), Jakpus, Jaksel, Jaktim dan Jakbar. Kemudian keesokan harinya atau tanggal 27 Januari 2020 di pagi hari diperkirakan hujan ringan di Kepulauan Seribu, kemudian hujan ringan hingga sedang dan disertai angin kencang dan petir di Jakpus, Jaktim, Jaksel, Jakbar saat siang hari.

BMKG memprakirakan hujan ringan akan mengguyur Kepulauan Seribu, Jakut, Jakpus, Jakbar dari malam hingga dini hari. Kemudian lusa atau tanggal 28 Januari 2020 diperkirakan terjadi hujan ringan di Kepulauan Seribu saat pagi hari, berawan hingga hujan ringan di Jakpus, Jaksel, Jaktim, dan Jakbar. Kemudian saat malam harinya cerah berawan, dan dini harinya berawan.

Sementara itu, Hary menyebutkan wilayah lain seperti Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan waspada banjir. Kemudian wilayah Sulawesi Tengah,    Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan juga waspada banjir. Terakhir  pihaknya mengingatkan Papua Barat juga waspada banjir. Ia menambahkan, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui call center 021-6546315/18, http://www.bmkg.go.id, dan follow @infobmkg.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA