Kamis, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 Februari 2020

Kamis, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 Februari 2020

Taman Hutan Kota Jombang Tambah Ruang Terbuka Hijau Tangsel

Ahad 26 Jan 2020 13:49 WIB

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Gita Amanda

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU), telah berhasil membuat destinasi Taman Hutan Kota Jombang, Tangsel, Ahad (26/1).

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU), telah berhasil membuat destinasi Taman Hutan Kota Jombang, Tangsel, Ahad (26/1).

Foto: Abdurrahman Rabbani/REPUBLIKA
Penataan kota dengan penambahan ruang terbuka hijau menjadi fokus Pemkot Tangsel

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU), telah berhasil membuat destinasi wisata baru yakni Taman Hutan Kota Jombang. Penataan kota dengan penambahan ruang terbuka hijau menjadi fokus yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir di Tangsel.

“Pembangunan prasarana dan bantaran Kali Mati Jombang didesain untuk destinasi wisata baru seperti yang sudah dilakukan DPU Kota Tangsel pada beberapa lokasi, seperti Kali Jaletreng, Tandon Ciater dan sejumlah lokasi lain,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas PU Rosi Yuliandi, melalui sambungan telepon, Ahad (26/1).

Menurutnya, pembangunan prasarana dan bantaran Kali Mati Jombang yang berlokasi di Kelurahan Jombang, Ciputat ini dilakukan melalui APBD tahun 2019. “Penataan kota dengan penambahan ruang terbuka hijau menjadi fokus yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir,” ucapnya.

Lebih lanjut, pembangunan prasarana dan bantaran Kali Mati Jombang juga untuk menjadikan saluran kali kembali pada fungsi utamanya yaitu sebagai saluran pembuangan air menuju Kali Cibenda.

Kemudian dalam pembangunan prasarana dan bantaran Kali Mati Jombang - Kali Cibenda Hilir dibagi tiga segmen. “Segmen satu yang menghubungan Jalan Sumatra-Pesantren-Jalan SMK. Segmen dua yang menghubungkan Jalan SMK-Balai Pertanian Jombang dengan menggunakan Flying Deck serta Segmen tiga meliputi saluran kali pembuang dari Balai pertanian menuju Kali Cibenda," kata Rosi.

Penataan Hutan Kota Jombang sebagai ekowisata, ikon lingkungan sehat dan wahana relaksasi masyarakat. Arena wisata yang bisa dinikmati adalah rumah pohon yang melewati jembatan gantung, fitnes outdoor, tempat bermain anak, tempat kumpul keluarga dan spot-spot untuk swafoto.

“Dilaksanakannya Pembangunan Prasarana dan Bantaran Kali Mati Jombang - Kali Cibenda Hilir sebagai salah satu cara untuk mengatasi banjir dengan mengalirkan air ke Kali Cibenda,” ungkap Rosi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel, Aries Kurniawan menambahkan dengan selesainya Pembangunan Prasarana dan Bantaran Kali Mati Jombang - Kali Mati Cibenda Hilir, masyarakat Tangsel memiliki alternatif tempat wisata alami di tengah kota.

“Lokasi ini menjadi pelengkap destinasi wisata lain yang sudah dibangun Dinas Pekerjaan Umum, seperti Tandon Ciater di Serpong, Jaletreng Riverside di Setu dan sejumlah lokasi lain,” ucapnya.

Dirinya berharap kepada masyarakat Tangsel bisa memanfaatkan Taman Hutan Kota Jombang ini sebagai tempat wisata. Tidak hanya memanfaatkan, tapi juga menjaganya agar keberlangsungan lokasi wisata ini tetap terjaga.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA