Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Antisipasi Virus Corona, Bandara Adi Soemarmo Aktifkan Thermal Scan di Gate Imigrasi

Sabtu 25 Jan 2020 23:03 WIB

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar

Proses scan di Bandara Adi Soemarmo masih menunjukkan hasil nihil.

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM -- Maraknya pemberitaan dan penyebaran virus baru, yakni virus Corona meningkatkan kewaspadaan pihak Bandara Adi Soemarmo. Pasalnya, Bandara Adi Soemarmo membuka penerbangan rute Solo-Tiongkok yang notabene diketahui sebagai negara asal virus tersebut.

Terkait hal itu, Bandara Adi Soemarmo mengantisipasi dengan mengaktifkan alat thermal scan yang diletakkan di jalur menuju gate imigrasi. Hingga saat ini, proses scan masih menunjukkan hasil nihil.

"Sejak ramai pemberitaan wabah virus korona, sampai sejauh ini belum ada temuan indikasi pendatang yang terjangkit virus masuk ke Solo. Namun tetap dipantau sesuai prosedur. Hari ini tadi (kemarin pagi), tidak ada penumpang yang berpotensi virus corona," papar Airport Operation and Safety Senior Manager Bandara Adi Soemarmo, Goentoro, Jumat (24/1/2020).

Pemasangan alat thermal scan ini tidak hanya diperuntukkan penumpang dari China saja, namun juga untuk memastikan suhu tubuh semua penumpang internasional, yang datang dari luar negeri. Selain itu, pemasangan alat tersebut juga sudah dilakukan sejak lama dan merupakan tupoksi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebagai upaya kekarantinaan.

"Sebelum ada virus corona sudah stand by alat itu. Aktif terus. Meski tidak ada kasus. Ini untuk memantau penyebaran virus dari luar negeri," imbuh Goentoro.

Epidemiolog KKP Semarang wilayah Adi Soemarmo, Aziza Amalia menambahkan, jika terdapat penumpang yang terindikasi virus Corona, maka penumpang akan segera diisolasi dan dibawa ke rumah sakit yang bekerjasama dengan KKP. "Gejala utama terjangkit virus corona adalah demam tinggi di atas 38 derajat celcius, sesak napas, dan batuk. Jika penumpang terdeteksi suhu tubuhnya tinggi, maka akan di karantina seluruhnya. Tidak hanya penumpang yang terdeteksi saja," ujarnya. Triawati PP

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA